Piala Presiden 2017: Bermodal Satu Gol, PBFC Lolos Sebagai Juara Grup

Football5star.com, Indonesia – Hasil spesial diraih Pusamania Borneo FC di Piala Presiden 2017. Hanya bermodal satu gol, PBFC sukses melaju ke babak 8-besar sebagai juara Grup D.

Tiket babak 8-besar diraih tim berjuluk Pesut Etam tersebut usai menang 1-0 atas Sriwijaya FC pada laga pamungkas Grup D di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Sabtu (18/2).

Berkat kemenangan itu, PBFC mengoleksi poin 5 dan berhak menempati puncak klasemen. Sementara, Sriwijaya FC harus puas berada di posisi kedua dengan koleksi 4 poin. Mereka unggul jumlah gol ketimbang Barito Putera yang juga mengumpulkan 4 poin.

Padahal, Sriwijaya FC sejatinya tampil dominan sejak awal laga. Sriwijaya sudah membuka peluang sejak menit ke-12 lewat aksi individu Rachmad Hidayat yang membuat kiper PBFC Wawan Hendrawan ketar-ketir. Beruntung bagi Wawan, gawangnya masih selamat karena bola sepakan Rachmad masih melenceng dari sasaran.

PBFC melakukan perlawanan saat laga berjalan 20 menit. Rival Lastori mencoba untuk menyambut umpan silang dari sisi kanan serangan PBFC. Namun, sundulannya terlalu lemah dan tak mengarah ke gawang Teja Paku Alam.

Pada menit ke-33, Sriwijaya mendapatkan kesempatan lewat tendangan bebas di depan kotak penalti PBFC. Sayang, eksekusi yang dilepaskan Zalnando justru mengarah tepat ke pelukan kiper Wawan Hendrawan. Kebuntuan kedua tim bertahan sampai akhir babak pertama.

Selepas turun minum, Sriwijaya FC mendapatkan peluang menyusul kesalahan yang dilakukan Wawan. Lewat situasi bola mati, Wawan melakukan tangkapan yang tak sempurna hingga bola terlepas. Akan tetapi, saat Beto akan menyambut bola, Wawan masih sigap mednahului.

Meski tertekan, justru PBFC yang mampu memecahkan kebuntuan. Fandhy Achmad memanfaatkan kesalahan komunikasi di pertahanan Sriwijaya FC antara bek Yanto Basna dengan kiper Teja Paku Alam. Fandhy pun sukses menceploskan bola dengan sontekannya pada menit ke-73.

Selepas gol itu, segala upaya dilakukan Sriwijaya FC untuk membalas. Namun, lini pertahaan PBFC masih terlalu tangguh. Skor 1-0 untuk keunggulan PBFC bertahan sampai pertandingan berakhir.

Kemenangan membawa PBFC lolos sebagai juara grup. Sementara, Sriwijaya FC juga tetap lolos sebagai salah satu dari tiga runner-up terbaik. Pasalnya, di daftar klasemen kecil tim peringkat kedua dari masing-masing grup, Sriwijaa FC ada di urutan kedua dan hanya kalah dari Bhayangkara FC.

Di bawah Sriwijaya FC, ada Gresik United degan poin 4 juga tapi kalah dalam hal perhitungan gol. Posisi GU sebagai salah satu runner-up terbaik masih mungkin digeser peserta Grup E yang baru akan bertanding besok, Minggu (19/2).

Susunan Pemain:

Pusamania Borneo FC: 59-Wawan Hendrawan; 88-Abdul Aziz Lutfi, 24-Diego Michiels, 26-Dirkir Kohn Glay, 17-M Nizar Ashari, 28-Terens Puhiri, 5-Yamashita Kunihiro, 6-Asri Akbar, 33-Wahyudi Setiawan, 99-Reinaldo Elias, 76-Rifal Lastori

Sriwijaya FC: 12-Teja Paku Alam; 45-Bio Paulin, 14-Gilang Ginarsa, 13-Yanto Basna, 19-Manda Cingi, 8-Rachmad Hidayat, 6-Yu Hyun-koo, 11-Zalnando, 9-Beto Goncalves, 87-Slamet Budiyono, 29-TA Musafri

Comments
Loading...