Piala Super Jerman 2020 Ternyata Laga Terakhir Bibiana Steinhaus

Football5Star.com, Indonesia – Ada sebuah prosesi kecil sebelum sepak mula Piala Super Jerman di Stadion Allianz Arena, Kamis (1/10/2020) dini hari WIB. Christian Seifert, CEO Deutscher Fussball Liga (DFL), memberikan buket kepada wasit Bibiana Steinhaus.

Bukan, buket itu bukan tanda mata sebagai wanita pertama yang mewasiti laga Piala Super Jerman. Buket itu diberikan DFL sebagai tanda perpisahan bagi Bibiana. Pasalnya, partai Bayern Munich vs Borussia Dortmund itu merupakan laga terakhirnya sebagai wasit.

Baru berumur 41 tahun, Bibiana Steinhaus mengaku sudah mempertimbangkan masak-masak putusannya pensiun. Pandemi COVID-19 jadi salah satu faktornya. Namun, dia tak mau mengungkapkan secara detail alasannya mengakhiri karier sebagai wasit.

“Seperti banyak orang pada masa pandemi Virus Corona, saya juga berpikir lebih keras dan mempertimbangkan kembali beberapa hal,” ujar Bibiana Steinhaus seperti dikutip Football5Star.com dari laman resmi FIFA.

Bibiana Steinhaus dikenal tegas saat memimpin pertandingan Bundesliga.
ciberia.com.br

Lebih lanjut, Bibiana mengatakan, “Saya sudah berdiskusi dengan Lutz Michael Frohlich (Ketua Komisi Wasit DFB). Setelah mempertimbangkan beberapa faktor secara hati-hati, saya memutuskan untuk mengakhiri karier sebagai wasit, baik di kompetisi domestik maupun internasional.”

Putusan Bibiana pensiun dini disesalkan banyak pihak. Salah satunya Presiden DFB, Fritz Keller. Dia menilai sepak bola Jerman bukan hanya kehilangan wasit hebat, melainkan juga kehilangan pribadi luar biasa dan seorang pionir di bidang yang didominasi kaum adam.

Bibiana Jadi Pionir dan Tonggak Sejarah

Bibiana Steinhaus mendapatkan medali kehormatan dari pemerintah Niedersachsen.
niedersachsen.de

Bagi sepak bola Jerman, Bibiana Steinhaus memang tonggak sejarah. Pada 2017, dia menorehkan tinta emas sebagai wanita pertama yang memimpin pertandingan Bundesliga. Satu dekade sebelumnya, dia mulai berkiprah di Bundesliga 2.

“Bibiana Steinhaus telah menempatkan dirinya di antara wasit-wasit Bundesliga dalam beberapa tahun teakhir dan telah mendapatkan respek dan pengakuan atas prestasinya,” urai Christian Seifert dalam pernyataan resmi yang dirilis DFL.

Bibiana Steinhaus mulai meniti karier sebagai pengadil di lapangan sepak bola pada 1999. Enam tahun kemudian, dia terdaftar sebagai wasit FIFA dan sempat memimpin di tiga edisi Piala Dunia Wanita. Adapun pekerjaan utamanya adalah sebagai polisi di Niedersachsen. Sepanjang kariernya, dia enam kali dinobatkan sebagai wasit terbaik Jerman. Januari lalu, dia juga mendapatkan medali dari Pemerintah Niedersachsen.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More