Pim Verbeek, Mantan Pelatih Timnas Australia, Meninggal Dunia

Football5star.com, Indonesia – Dunia sepak bola kembali dirundung duka. Pim Verbeek, mantan pelatih timnas Australia, meninggal dunia pada Kamis pagi waktu setempat.

Pim Verbeek meninggal akibat penyakit kanker yang diderita beberapa tahun terakhir. Ia meninggal pada usia 63 tahun di kampung halamannya, Rotterdam, Belanda.

Nama Verbeek cukup terkenal di sepak bola Asia. Selama karier melatihnya, ia memang lebih sering menangani tim-tim Asia ketimbang Eropa. Selain timnas Australia, ia juga pernah membesut Korea Selatan, Oman, serta beberapa klub Jepang seperti Kyoto Sanga dan Omiya Ardija.

Karier kepelatihan pria asal Belanda mencapai puncaknya pada 2010 lalu. Ketika itu ia membawa Australia menembus putaran final Piala Dunia di Afrika Selatan. Bahkan dia jadi pelatih terakhir yang membawa The Socceroos menang di Piala Dunia.

Ya, kemenangan terakhir Australia di ajang Piala Dunia terjadi pada laga terakhir fase grup 2010 silam. Ketika itu Tim Cahill dkk menang 2-1 atas Serbia.

Nama Pim Verbeek tak lepas dari dua sosok penting Belanda, Dick Advocaat dan Guus Hiddink. Pada dua pelatih kenamaan itulah ia belajar melatih sebuah tim. Ia bersama Advocaat di timnas Korea Selatan dan bersama Hiddink ketika di timnas Belanda dan FC Groningen.

Mantan pemain Sparta Rotterdam memutuskan pensiun sebagai juru taktik Februari lalu. Ketika itu ia mengundurkan diri dari posisinya sebagai pelatih timnas Oman.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More