Pizarro ke Koeln karena Lewandowski

Football5Star.com, Indonesia – Petualangan Claudio Pizarro di pentas sepak bola Jerman ternyata belum berakhir. Sempat dilepas Werder Bremen pada akhir musim lalu, dia dipastikan kembali berkiprah di Bundesliga 1. Jumat (29/9/2017), dia menandatangani kontrak hingga akhir musim dengan 1. FC Koeln. Sesuai pengakuannya, putusan itu salah satunya karena striker Bayern Munich, Robert Lewandowski.

Itu tentu saja terkait statusnya sebagai pemain asing tersubur di Bundesliga 1 yang terancam oleh Lewandowski. Saat ini, dengan koleksi 191 gol, Pizarro masih berada di urutan teratas. Namun, koleksi golnya kian didekati striker asal Polandia tersebut yang kini mencapai 158 gol.

“Aku berharap dia tidak mematahkan rekorku. Namun, dia memang punya kans bagus untuk melakukan hal itu. Dia itu striker yang sangat bagus. Aku harus mencetak gol sesegera mungkin untuk memperpanjang atau sekadar menjaga jarak dari dia,” terang Pizarro dalam konferensi pers perkenalannya sebagai penggawa Die Geissboecke.

Menurut striker gaek asal Peru tersebut, tidak sulit bagi dia untuk menerima tawaran Koeln. Pasalnya, hasrat untuk tetap bermain masihlah bergelora dalam dadanya.

“Aku ingin bermain untuk Werder semusim lagi di Bundesliga setelah musim lalu,” ungkap striker berumur 38 tahun tersebut. “Ada beberapa tawaran, tapi aku merasa tidak ada satu pun yang cocok untukku. Lalu, sekaranglah aku merasa telah datang tawaran bagus. Jadilah aku segera bersepakat dengan (Direktur Olahraga Koeln) Joerg Schmadtke dan (pelatih) Peter Stoeger.”

Meskipun sudah tak lagi muda, Pizarro masih bisa diharapkan menjadi solusi mengentaskan kemandulan pasukan Stoger pascakepergian Anthony Modeste pada akahir musim lalu. Sejak berkiprah di Jerman pada 1999, tak ada musim yang gagal dihiasi gol oleh Pizarro. Memang benar, pada 2014-15, dia tak membuat gol di Bundesliga 1. Namun, dia tetap bisa menjebol gawang lawan di DFB Pokal.