Platini Ditepikan dari Daftar Bakal Calon Presiden FIFA

FIFA melakukan seleksi tahap lanjutan menuju pemilihan presiden mereka yang baru. Kini tinggal tersisa lima kandidat dari sebelumnya tujuh bakal calon, termasuk Michel Platini yang dicoret.

Selain Platini, nama lain yang dicoret dari daftar calon presiden FIFA adalah Musa Bility. Sementara lima nama lain yang masih maju dan kini berstatus finalis adalah Prince Ali Bin al-Hussein, Sheikh Salman Bin Ebrahim al-Khalifa, Jerome Champagne, Gianni Infantino dan Tokyo Sexwale.

Seperti diwartakan Reuters, Musa Bility dicoret karena dianggap gagal lolos tes integritas. Dalam pernyataannya, tes integritas yang dimaksud termasuk adalah memeriksa adanya pelanggaran hak asasi manusia dan potensi tindakan pelanggaran hukum seperti suap dan pengaturan pertandingan.

Platini belum secara resmi didepak dari pencalonan. Namanya cuma dipinggirkan sementara terkait skorsing 90 hari oleh FIFA terhadap dirinya karena diduga menerima suap. Proses pengajuan Platini sebagai calon presiden FIFA akan kembali ditinjau oleh Komite Etika FIFA setelah periode skorsing 90 hari tuntas.

Setelah Blatter tersandung kasus hukum, mulai dari tudingan suap dan korupsi, Platini sebenarnya paling dijagokan akan menjadi penerusnya. Namun legenda sepakbola asal Prancis itu kemudian dituding menerima sejumlah uang dari Blatter. Dari situ nama Presiden UEFA itu mulai terseret dalam skandal suap dan korupsi di organisasi tersebut.

Comments are closed.