Platini: VAR Bisa Membunuh Sepak Bola

Banner Footbal Live Star-Football5star

 

Football5star.com, Indonesia – Memasuki musim kedua penggunaan VAR di beberapa kompetisi Eropa nyatanya masih menyisakan beberapa silang pendapat soal keberadaan teknologi ini. Mantan presiden UEFA, Michel Platini, bahkan beranggapan VAR bisa membunuh sepak bola.

Setelah di musim lalu Serie A dan Bundesliga sudah menggunakan VAR, musim ini giliran La Liga Spanyol yang memakai teknologi yang pertama kali digunakan pada Piala Konfederasi 2017 itu.

Walau begitu, makin banyaknya kompetisi yang menggunakan VAR tidak membuat Platini senang. Sebaliknya, ia justru tidak suka teknologi tersebut terlalu banyak terlibat dalam permainan sepak bola.

sport1.de

“VAR adalah video DIY, artinya tidak membawa keadilan ke sepak bola. Saya tahu FIFA, itu tugas mereka menemukan statistik yang cocok. Yang terbaik, video hanya bisa membantu untuk menilai bola yang melewati garis gawang atau tidak, dan keputusan offside,” ujar Platini kepada Sport, Kamis (30/8/2018).

“Tidak ada ruang untuk menginterpretasikannya, ini sangat berbahaya. Ini terjadi pada final Piala Dunia 2018, terutama di gol pertama Prancis melalui tendangan bebas. Padahal tidak ada pelanggaran yang terjadi sebelumnya. Ini tentu akan membunuh sepak bola, seperti yang terjadi di F1. Kami sudah membunuh wasit,” ia menambahkan.

Lebih lanjut, legenda Prancis ini juga menuding para pengadil lapangan hijau sengaja mendukung VAR agar mengurangi tanggung jawab mereka di lapangan.

“Mengapa semua wasit mendukung VAR? Itu untuk menutupi kesalahan mereka selama ini,” tutupnya.

Comments are closed.