Pochettino: Sekadar Trofi Tak Berarti Bagi Tottenham

Football5Star.com, Indonesia – Mauricio Pochettino telah menunjukkan kerja bagus bersama Tottenham Hotspur. Satu-satunya kekurangan adalah belum meraih trofi. Hal itulah yang kerap dijadikan olok-olok dan sindiran kepada pria berumur 46 tahun tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Pochettino tak ambil pusing. Pasalnya, sekadar trofi bisa saja diraih di Piala Liga atau Piala FA. Namun, menurut dia, itu tak akan cukup untuk dapat bertahan di Tottenham Hotspur bila jeblok di Premier League.

Tottenham terus bersaing di papan atas Premier League adalah target utama Pochettino.
standard.co.uk

“Banyak orang meyakini itu memang penting. Bagi saya pun, memenangkan trofi itu penting. Itu akan menunjukkan bahwa kami berada di posisi yang bagus,” kata Pochettino seperti dikutip Football5Star.com dari Football London. “Namun, seperti saya selalu katakan, saya selalu jujur sejak hari pertama, klub harus lebih dahulu konsisten berada di 4-besar dan Liga Champions.”

Dalam pandangan Pochettino, itu adalah fondasi utama yang harus dipenuhi. “Harus konsisten memberikan tantangan kepada klub-klub besar. setelah itu, barulah berpikir soal mencoba merebut trofi,” tambah pria asal Argentina tersebut.

Bisa Dipecat Levy

Mantan manajer Southampton itu pun meyakini, Presiden Daniel Levy sudah jauh-jauh hari memecat dirinya andai Tottenham tak berada di 4-besar Premier League.

Mauricio Pochettino bersama Daniel Levy.
cartiladgefreecaptain.sbnation.com

“Saya kira saya sudah dipecat beberapa tahun lalu andai memenangi Carabao Cup tapi finis di papan tengah Premier League,” terang Pochettino lagi. “Andai tak finis seperti dalam tiga musim terakhir, saya tak tahu apakah Daniel akan punya cukup kesabaran kepada saya meskipun memenangi Piala FA.”

Meskipun demikian, manajer yang dikabarkan tenagh diincar Manchester United itu tetap dapat memahami dan menerima opini publik tentang arti penting trofi bagi skuat Tottenham saat ini. Dia menyadari bahwa Harry Kane cs. sangat berhak dan pantas untuk juara.

Akan tetapi, Pochettino mengingatkan, juara Carabao Cup atau Piala FA bukan jaminan membuat Tottenham naik kelas. Menurut dia, kenaikan kelas itu hanya dapat diraih dengan konsistensi bersaing di papan atas dari tahun ke tahun. Hal ini, kata dia, seharusnya dihargai juga oleh para fans.