Pochettino: Southampton Era Saya Mengubah Sepak Bola Inggris

Football5star.com, Indonesia – Mauricio Pochettino adalah salah satu pelatih Amerika Latin yang sukses di Inggris. Ia pertama kali datang ke Inggris pada 2013 dengan menangani Southampton.

Kendati lebih sukses bersama Tottenham Hotspur, Mauricio Pochettino justru menganggap pengalaman semusimnya di Southampton yang paling bermakna. Ia bahkan mengklaim jika waktunya di Stadion St Mary telah mengubah sepak bola Inggris.

“Sepak bola di Inggris berubah dengan Southampton musim 2013-2014. Tidak ada tim lain yang memiliki dampak besar dalam mengubah pola pikir. Saya tiba di sebuah klub dengan presiden seperti Nicola Cortese yang memberi iapa yang saya butuhkan untuk menciptakan sesuatu yang unik di Inggris,” kata Pochettino seperti dilansir Daily Mail, Senin (1/6/2020).

Daily Mail

“Kemampuan saya untuk beradaptasi dengan lingkungan yang benar-benar berbeda sungguh luar biasa. Saya menemukan sekolompok pemain yang ingin belajar dari pengalaman yang saya bawa dari Spanyol dan dengan kualitas gaya sepak bola yang berbeda dengan yang biasa digunakan semua orang di Inggris,” sambungnya.

Bersama Southampton, pelatih asal Argentina memang cuma bertahan semusim. Namun, dia berhasil mengorbitkan banyak pemain di sana. Seperti Adam Lallana, Jay Rodriguez, Luke Shaw, Morgan Schneiderlin, Dejan Lovren, serta Victor Wanyama.

Keberhasilannya mengorbitkan banyak pemain muda juga diakui telah memengaruhi timnas Inggris yang dalam beberap tahun terakhir mulai mempercayakan banyak pemain muda.

“Pemain muda mulai bermunculan dan orang-orang percaya pada mereka. Hal ini juga dilakukan timnas Inggris,” tutup Pochettino.

Mauricio PochettinoSouthampton