Poin dalam Nota Protes Pemerintah ke Malaysia Soal Suporter Indonesia

Football5Star.com – Pemerintah Indonesia secara resmi mengirim nota protes ke Menpora Malaysia soal suporter yang dikeroyok. Mereka menuntut permintaan maaf dari Malaysia soal hal tersebut.

Seperti diketahui, belakangan ramai diperbincangkan soal pemukulan oknum pendukung Malaysia ke suporter Indonesia. Insiden pengeroyokan itu terjadi usai keduanya menyaksikan laga Malaysia vs Indonesia di Stadion Bukit Jalil, Selasa (20/11/2019).

Pemerintah melalui Kemenpora bereaksi keras atas kejadian tersebut. Sesmenpora, Gatot S Dewa Broto, meminta pihak terkait benar-benar menindaklanjuti peristiwa itu.

Kemenpora sendiri mengirim nota protes bernomor 11.22.12/SET/XI/2019 dan ditandatangani oleh Sekretaris Kemenpora, Gatot S. Dewa Broto. Intinya, mereka memuntut permintaan maaf dari pemerintah Malaysia secara terbuka soal penganiayaan suporter Indonesia.

Berikut Poin nota Protesnya:

  1. Melakukan proses hukum atas terjadinya penganiayaan yang dilakukan oleh oknum suporter Malaysia terhadap suporter Indonesia secara prosedural obyektif dan transparan.
  2. Menyampaikan permohonan maaf secepatnya kepada Pemerintah Republik Indonesia, karena ketika insiden serupa terjadi di Stadion GBK pada tanggal 5 September 2019, maka langsung besok paginya Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia menyampaikan permohonan maaf. Itikad baik permohonan maaf ini sesungguhnya pernah dilakukan oleh Menteri Sukan dan Belia Malaysia Khairy Jamaluddin pada tanggal 20 Agustus 2017 langsung kepada Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia saat berlangsung SEA Games 2017 di Kuala Lumpur akibat insiden bendera yang terbalik.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More