Prancis vs Argentina: Les Bleus Didukung Tradisi Apik

Football5Star.com, Indonesia – Menghadapi laga Prancis vs Argentina di babak 16-besar Piala Dunia 2018, tim asuhan Didier Deschamps memang tak didukung rekor apik. Sepanjang sejarah, Les Bleus baru dua kali menang atas Tim Tango. Meskipun demikian, mereka punya tradisi tersendiri di babak 16-besar Piala Dunia.

Sejak diberlakukan di Piala Dunia 1986, Prancis vs Argentina adalah laga kelima Les Bleus di babak 16-besar. Di empat kesempatan sebelumnya, mereka selalu mampu lolos dari adangan lawan dan melangkah ke babak perempat final.

Paul Pigba saat mencetak gol ke gawang Nigeria di babak 16-besar Piala Dunia 2014.
weltfussball.de

Di Meksiko 1986, Les Bleus melaju ke 16-besar sebagai runner-up Grup C. Di babak itu, mereka berhadapan dengan Italia yang berstatus runner-up Grup A. Hasilnya, anak-anak asuh Henri Michel menang 2-0. Kedua gol Prancis dibuat Michel Platini dan Yannick Stopyra.

Kali kedua Prancis berlaga di babak 16-besar adalah pada 1998 di kandang sendiri. Di sana, mereka berjibaku melawan wakil Amerika Selatan, Paraguay. Tim asuhan Aime Jacquet harus berjuang keras untuk meraih kemenangan 1-0 melalui golden goal Laurent Blanc hanya enam menit sebelum perpanjangan waktu usai.

Di Jerman 2006, Prancis berhadapan dengan Spanyol di babak 16-besar. Sempat tertinggal 0-1 oleh gol penalti David Villa pada menit ke-27, Les Bleus berhasil membalikkan keadaan dengan mencetak tiga gol. Ketiga gol itu dilesakkan oleh Franck Ribery, Patrick Vieira, dan Zinedine Zidane.

Les Bleus mempertahankan tradisi apik itu di Brasil 2014. Menghadapi Nigeria di babak 16-besar, tim asuhan Didier Deschamps menang 2-0 berkat gol Paul Pogba dan bunuh diri Joseph Yobo.

Meskipun demikian, Hugo Lloris cs. tak bisa jemawa di laga Prancis vs Argentina nanti. Pasalnya, Tim Tango juga punya catatan tak kalah apik di babak 16-besar Piala Dunia. Sejak 1986, delapan kali mereka lolos ke babak ini dan hanya sekali kalah. Satu-satunya kekalahan itu dialami dari Rumania di Amerika Serikat 1994.


Jangan lupa ikutan kuis Football5star.com. Prediksi skor pertandingan Piala Dunia 2018 dengan kesempatan membawa pulang Mobil Honda Brio, Motor Honda Vario, Motor Honda Beat, dan banyak lagi hadiah menarik. Buruan daftar di kuis.football5star.com

Comments
Loading...