Presiden AFA Minta Pengusutan Wasit Laga Brasil vs Argentina

Football5Star.com, Indonesia – Partai Superclasico Brasil vs Argentina pada semifinal Copa America 2019, Rabu (3/7/2019) pagi WIB, berbuntut panjang. Merasa dirugikan oleh putusan-putusan yang dibuat wasit Roddy Zambrano, Asosiasi Sepak Bola Argentina (AFA) melayangkan surat protes kepada Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (Conmebol).

Pada intinya, surat yang ditandatangani Presiden AFA Claudio Tapia itu meminta penyelidikan terhadap kepemimpinan Rody Zambrano yang dinilai berpihak kepada tuan rumah. Hal itu terutama menyangkut dua pelangaran di kotak penalti yang diabaikan oleh sang pengadil.

Wasit Roddy Zambrano dikabarkan telah mengabaikan saran petugas VAR dalam dua insiden pada laga Brasil vs Argentina.
tn.com.ar

Dua pelanggaran itu adalah tekel Dani Alves terhadap Sergio Aguero dan terjangan Arthur Melo kepada Nicolas Otamendi. Kabar yang beredar menyatakan, Roddy Zambrano mengabaikan seruan petugas VAR, Leondan Gonzalez, untuk melihat rekaman video terkait dua insiden tersebut.

“Apa yang telah terjadi perlu dijadikan refleksi mendalam terkait keraguan terhadap prinsip-prinsip etik, loyalitas, dan transparansi yang selalu Anda gaungkan,” tulis Tapia dalam suratnya kepada Presiden Conmebol Alejandro Dominguez seperti dikutip Football5Star.com dari Todo Noticias.

Secara khusus, Tapia mempertanyakan penunjukan wasit asal Ekuador itu untuk memimpin laga Brasil vs Argentina. “Kami mempertanyakan integritas Komisioner Komisi Wasit Wilson Semeno,” kata dia. “Sebelum pertandingan, kami telah memprotes soal wasit Zambrano.”

Hal yang menjadi pokok keberatan bagi pihak Argentina, Zambrano baru memimpin satu pertandingan pada Copa America 2019, yakni Peru vs Bolivia. Itu dinilai tak cukup untuk menjadikan dia sebagai wasit Brasil vs Argentina.

Di samping itu, ada dua hal lain yang dipersoalkan. Pertama, nuansa politik yang sangat terasa di stadion oleh kehadiran Presiden Brasil Jair Bolsonaro yang pada jeda pertandingan sempat berjalan mengelilingi lapangan. Kedua, terkait keberadaan Bolsonaro, dikabarkan ada pengacakan frekuensi radio yang berdampak pula terhadap komunikasi petugas VAR dengan wasit.

Sejauh ini, belum ada tanggapan resmi dari pihak Conmebol. Namun, apa pun putusan nanti, hampir mustahil mengubah skor laga Brasil vs Argentina yang dimenangi Selecao 2-0.

Comments
Loading...