Presiden FIFA Jamin Wanita Iran Bisa Nonton di Stadion

Football5star.com, Indonesia – Presiden FIFA, Gianni Infantino, menjamin wanita-wanita Iran bisa menonton sepak bola secara langsung di stadion. Hal ini setelah dilakukan diskusi dengan otoritas setempat dalam mencari jalan tengah dari masalah yang sudah lama berlangsung.

Infantino menegaskan, ini merupakan kabar gembira bagi isu kesetaraan yang kerap digaungkan dalam sepak bola. Beberapa waktu lalu, seorang wanita Iran, Sahar Khodayari, bunuh diri akibat vonis enam bulan penjara yang dijatuhkan padanya karena ketahuan menonton ke stadion.

“Kami telah menjamin, pada pertandingan internasional tim nasional Iran berikutnya, wanita diperbolehkan hadir ke stadion. Ini adalah sesuatu yang sangat penting dalam 40 tahun terakhir. Tidak pernah ada yang seperti ini,” ucapnya seperti dikutip dari AS.

Gianni Infantino - FIFA - Piala Dunia Antarklub - Marca
marca.com

“Memang ada beberapa pengecualian, tetapi tetap saja langkah ini patut mendapatkan apresiasi dari banyak pihak. Kita butuh wanita untuk datang langsung ke stadion. Kita harus menghormati mereka dan aku sudah tidak sabar lagi,” tuturnya.

Kasus kematian Sahar menuai protes dari beragam kalangan dunia internasional. Gelombang protes pun berdatangan yang akhirnya memaksa otoritas setempat dan FIFA, harus melakukan penyesuaian.

Menonton sepak bola bagi wanita di Iran menjadi hal tabu. Sejak revolusi pada 1979 lalu, wanita dilarang hadir ke stadion untuk menyaksikan pertandingan sepak bola laki-laki. Namun, ada pengecualian bagi wanita asing, itu pun jumlahnya dibatasi.