PSG Beri Thomas Tuchel Hadiah Natal Berupa Surat Pemecatan?

Football5Star.com, Indonesia – Natal 2020 sepertinya akan dikenang sebagai salah satu Natal terburuk oleh Thomas Tuchel. Menurut beberapa media terkemuka Jerman dan Prancis, manajemen Paris Saint-Germain (PSG) telah memberhentikan pelatih asal Jerman tersebut.

Kabar pemecatan Tuchel oleh PSG antara lain diungkapkan Christian Falk dari Sport Bild. Kabar itu lantas dilansir pula oleh L’Equipe, Telefoot, RMC Sport, dan Le Parisien. Namun, hingga saat ini belum ada pengumuman resmi dari manajemen Les Parisiens.

Kabar tersebut cukup mengejutkan. Pasalnya, PSG baru saja menutup tahun dengan gemilang. Kamis (24/12/2020) dini hari WIB, Kylian Mbappe menang 4-0 atas Racing Strasbourg. Hasil itu membuat mereka hanya terpaut 1 poin dari Lille OSC dan Olympique Lyon yang berada di 2-besar klasemen Liga Prancis.

Bagi Tuchel, pemecatan tersebut juga bisa dipandang sebagai sebuah penghinaan. Bagaimanapun, dia sudah memberikan semua gelar domestik bagi PSG pada musim lalu. Dia pula yang menjadi penoreh sajarah dengan mengantar Les Parisiens ke final Liga Champions untuk kali pertama.

Adu Kekuatan Tuchel vs Leonardo

Akan tetapi, pemecatan Thomas Tuchel juga sesungguhnya tidaklah mengejutkan. Sudah bukan rahasia, ada adu kekuatan yang berlangsung sengit antara eks pelatih Borussia Dortmund itu dengan sang direktur olahraga, Leonardo Nascimento de Araujo.

Pertentangan sangat terbuka saat Tuchel lebih memilih memainkan Marquinhos di gelandang bertahan meskipun Leonardo sudah mendatangkan Danilo Pereira. Oleh sang pelatih, pemain baru itu justru dimainkan sebagai bek tengah.

Tak hanya itu, Tuchel juga kerap melontarkan sindiran tajam kepada manajemen PSG. Terakhir, dia menyebut peran pelatih di klub itu tak ubahkan jabatan politik. Meskipun telah memberikan klarifikasi, kata-katanya itu sepertinya telah melukai manajemen klub.

Posisi Thomas Tuchel yang seolah sendirian juga terlihat jelas dalam konstelasi pelatih terbaik dalam ajang FIFA The Best. Tak ada jajaran teras PSG yang melontarkan kritik kepada FIFA atau pembelaaan kepada sang pelatih yang gagal finis di 3-besar. Pembelaan justru datang dari Olympique Marseille melalui pelatih Andre Villas-Boas.

Leonardo Nascimento de AraujoLiga PrancisLigue 1Paris Saint-GermainThomas Tuchel