PSG dan Thomas Tuchel Sepakati Kompensasi Pemutusan Kontrak

Football5Star.com, Indonesia – Proses pemutusan kontrak pelatih Thomas Tuchel oleh Paris Saint-Germain (PSG) memasuki babak baru. Seperti dilaporkan Spox, kedua belah pihak sudah mencapai kesepakatan mengenai kompensasi atas pemutusan kontrak tersebut.

Menurut Spox, Tuchel yang akan habis kontraknya pada Juni 2021 akan menerima kompensasi sebesar 6 juta euro dari PSG. Itu adalah 80 persen dari gajinya yang mencapai 7,5 juta euro per tahun berdasarkan kontrak terakhir yang ditandatangani pada Maret 2019. Sebelumnya, eks pelatih Borussia Dortmund itu digaji 5 juta euro per tahun.

Seperti dikabarkan sebelumnya, Tuchel sudah diberitahu soal pemutusan kontraknya oleh Direktur Olahraga Leonardo Nascimento de Araujo setelah PSG menang 4-0 atas Racing Strasbourg. Sejak itu, pengacara sang pelatih langsung mempermasalahkan besaran kompensasi atas pemutusan kontrak tersebut.

Pihak Tuchel mengklaim PSG harus memberikan kompensasi sebesar 7 juta euro hingga 8 juta euro. Namun, pada akhirnya, tercapai kesepakatan di angka 6 juta euro.

Jumlah kompensasi yang diberikan PSG kepada Tuchel tidak besar karena pemecatan dilakukan hanya 6 bulan sebelum kontrak berakhir. Itu berbeda dari kasus pemecatan Laurent Blanc pada 2016. Kala itu, Les Parisiens harus mengeluarkan uang kompensasi 22 juta euro. Pasalnya, Blanc baru saja memperpanjang kontrak.

PSG Perpecat Pemutusan Kontrak Tuchel

psgtalk.com

Meskipun hingga saat ini belum mengeluarkan pernyataan resmi soal pemutusan kontrak Thomas Tuchel, manajemen Paris Saint-Germain diyakini sedang bergerak cepat. Mereka diyakini ingin segera menuntaskan masalah tersebut karena Kylian Mbappe cs. akan kembali berlatih pada 3 Januari 2021 dan tiga hari kemudian menjalani lanjutan Ligue 1 melawan St-Etienne.

Idealnya, pasukan PSG sudah memiliki pelatih baru pengganti Tuchel saat latihan perdana pada 2021 digelar. Saat ini, kabar yang beredar menyebutkan Mauricio Pochettino sebagai sosok yang paling dijagokan sebagai pelatih baru Les Parisiens.

Selain Pochettino, ada beberapa nama lain yang juga mengapung ke permukaan sebagai kandidat pengganti Thomas Tuchel. Mereka di antaranya Massimiliano Allegri dan Thiago Motta. Andai menemui jalan buntu, bukan tak mungkin Leonardo yang turun tangan. Bagaimanapun, dia pernah berpengalaman menangani AC Milan, Inter Milan, dan Antalyaspor.

Leonardo Nascimento de AraujoLiga PrancisLigue 1Paris Saint-GermainThomas Tuchel