PSG Jadi Klub dengan Pondasi Finansial Terkuat di Dunia

Football5star.com, Indonesia – Klub kaya Prancis, Paris Saint Germain (PSG) menjadi klub dengan pondasi finansial terkuat di dunia menurut laporan dari lembaga keuangan, Soccerex Football Finance.

Dikutip Football5star.com dari Reuters, Jumat (14/2/2020) PSG memiliki indeks skor keuangan mencapai 5.318 dibanding dengan klub Eropa lainnya. Angka tersebut berarti PSG memiliki aset keuangan klub yang sangat baik, nilai investasi sangat bagus, dan pemilik klub memiliki nilai hutang yang bersih.

Dalam laporan tersebut, PSG telah mengurangi utang mereka hingga 70 juta euro (sekitar Rp1,04 triliun) pada tahun lalu. Kondisi jauh berbeda di alami oleh Manchester City. City disebut memiliki peningkatan utang mencapai angka 90 juta euro.

PSG vs Montpellier - Ligue 1 - @PSG_Inside
twitter.com/PSG_Inside

Kondisi ini membuat City menjadi klub di urutan kedua yang memiliki pondasi finansial terbaik di dunia. Di bawah PSG dan City, ada klub Bundesliga, Bayern Munich. Selanjutnya ada Tottenham Hotspur dan Real Madrid.

Laporan tahun ini memperlihatkan gambaran positif dari kesehatan finansial kolektif sepak bola, tetapi juga menyoroti ketidakseimbangan yang tumbuh antara kekuatan elite modern Eropa, dengan beberapa klub historis terancam tertinggal,” kata Philip Gegan, direktur pelaksana Soccerex Football Finance.

“Terlepas dari dominasi Eropa, sepak bola adalah permainan global dengan investasi dari pasar-pasar yang berkembang telah mendukung pertumbuhan olahraga ini,” tambah Gegan.

Laporan dari Soccerex Football Finance juga menyebutkan bahwa klub Liga Inggris jadi klub yang memiliki peningkatan peringkat finansial sepanjang satu tahun. Diikuti oleh klub dari Major League Soccer (MLS).

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More