PSSI Akan Bentuk Lembaga Independen Wasit

Football5star.com, Indonesia – Kongres PSSI di Nusa Dua, Bali pada Minggu, (20/1) menghasilkan beberapa keputusan. Selain mundurnya Edy Rahmayadi dari Ketua Umum PSSI, PSSI juga memutuskan akan membentuk lembaga independen wasit.

Wasit menjadi salah satu pihak yang sering mendapatkan sorotan dari pencinta sepak bola Indonesia. Kepemimpinan wasit Indonesia yang kadang tidak tepat sempat membuat PT Liga Indonesia Baru memutuskan untuk menggunakan jasa wasit asing pada Liga 1 2017.

“Di dalam kongres tadi disetujui inisiatif PSSI untuk membentuk lembaga independen kaitannya dengan wasit profesional, khususnya untuk Liga 1 dan Liga 2,” ungkap Joko Driyono, ketua umum PSSI dikutip Football5star dari Goal.

Joko Driyono - AFF - Football5star - Liputan6
Liputan6

Jokdri, sapaan dari Joko Driyono menambahkan dalam lembaga independen nanti, yang mendasar adalah mengenai sumber daya manusia.

“Dan yang paling mendasar adalah sumber daya manusia dan perangkat pertandingannya. Ini harus diback-updari program pengembangan wasit yang ada di PSSI. Sebagaimana sejak tahun 2018 bersama-sama dengan FIFA melalui program FIFA Forward, PSSI mendapatkan bantuan yang besar untuk masalah ini,” tambahnya.

Meningkatkan mutu dan kualitas wasit tampaknya menjadi salah satu pembahasan paling penting di sepak bola Indonesia. Munafri, CEO PSM Makassar, menyoroti mengenai kualitas wasit.

“Meminta ke PSSI setiap Komite Wasit, Komdis, dan Komisi Banding harus independen dan harus mampu memberikan putusan yang fair,” ujarnya dikutup dari Goal.

Comments
Loading...