Diprotes Banyak Pihak, PSSI Putuskan Persipura Gantikan Persija di AFC Cup 2021

Football5Star.com, Indonesia – PSSI akhirnya memutuskan untuk mengganti Persija dengan Persipura untuk mewakili Indonesia di kompetisi AFC Cup 2021. Keputusan itu datang setelah AFC mengirim surat kepada PSSI pada Jumat (18/12/20).

Seperti yang diketahui sebelumnya, PSSI memutuskan untuk mengirim Bali United dan Persija untuk mewakili Indonesia di AFC Cup 2021. Tapi keputusan itu diprotes banyak pihak karena Persija seharusnya tidak bisa lolos karena peraturan AFC.

Persija dinyatakan lolos karena bisa menjadi runner-up Piala Indonesia 2018-19 dengan sang juara PSM tak dapat lisensi AFC. Tapi seharusnya, jika juara Piala Indonesia tak memiliki lisensi, perwakilan tim kedua harusnya didapatkan oleh tim dengan peringkat tertinggi kedua di liga.

Persipura - Liga 1 2020 - Jacksen F Tiago - @persipurapapua1963 2
instagram.com/persipurapapua1963

Persebaya yang berhasil menjadi runner-up Liga 1 di bawah Bali United. Tapi karena Bajul Ijo tak punya lisensi AFC, Persipura-lah yang harusnya masuk ke Piala AFC karena berada di posisi ketiga. Keputusan itu dikritik oleh Persipura sendiri, dan akhirnya setelah mendapat surat dari AFC, PSSI merubah keputusan itu.

“AFC memahami maksud dan tujuan PSSI yang memilih Persija sebagai runner up Piala Indonesia 2018-2019. Namun AFC ingin klub yang bermain di AFC Cup 2021 harus sesuai Entry Manual AFC Club Competition 2021 terkait Sporting Criteria,” kata Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi seperti dilansir Football5Star.com dari laman resmi PSSI.

Yunus Nusi melanjutkan, ” Persija ditetapkan oleh PSSI karena kami menjaga keterwakilan klub Indonesia yang bermain di AFC Cup melalui slot Piala Indonesia. Karena memang AFC juga menyetujui bahwa juara Piala Indonesia mendapatkan slot bermain di AFC Cup. Namun karena PSM Makassar tidak lolos lisensi klub profesional tahun 2020, Exco PSSI memutuskan memilih Persija yang notabene runner up Piala Indonesia 2018-2019.”

Persipura akan memulai kompetisi dari babak kualifikasi yang diadakan April nanti. Sedangkan Bali United dari babak grup. Persipura harus melengkapi persyaratan tersebut dan dikembalikan ke PSSI selambatnya pada tanggal 21 Desember 2020.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More