PSSI: Asosiasi Pelatih Ingin Kompetisi Dilanjutkan

Football5star.com, Indonesia – Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi, mengatakan, Asosiasi Pelatih Sepak Bola Seluruh Indonesia (APSSI) menginginkan agar Liga 1 dan 2 musim 2020, yang diliburkan karena pandemi COVID-19, dilanjutkan kembali.

“Teman-teman pelatih ingin kompetisi dapat dilanjutkan dengan berpegang protokoler kesehatan,” ujar Yunus, dikutip dari laman resmi PSSI di Jakarta.

Yunus Nusi Janji Tak Akan Overlap Seperti Ratu Tisha di PSSI
Jawa Pos

Hal itu disampaikan Yunus usai menggelar rapat virtual dengan APSSI pada Selasa (26/5). Menanggapi usulan tersebut, Yunus menyebut bahwa pihaknya akan menyampaikannya ke Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.

Namun, ia juga mengingatkan bahwa kelanjutan liga bergantung pada kebijakan pemerintah soal status darurat COVID-19.

Melalui SKEP/48/III/2020 yang dikeluarkan pada akhir Maret 2020, PSSI telah memutuskan bahwa jika pemerintah memperpanjang status keadaan tertentu darurat bencana wabah penyakit akibat virus corona yang saat ini ditetapkan pada 29 Februari-29 Mei 2020, Liga 1 dan 2 Indonesia 2020 akan disetop.

Akan tetapi, kalau pemerintah tidak memperlama masa darurat tersebut, PSSI akan kembali menggulirkan Liga 1 dan 2 musim 2020 mulai tanggal 1 Juli 2020.

“Kami mengapresiasi dan usulan APSSI dan segera melaporkan ke Ketua Umum. Untuk kelanjutan kompetisi, kami terus menunggu hingga 29 Mei 2020 sesuai keputusan pemerintah,” tutur Yunus.

Ketua APSSI Yeyen Tumena menyebut, alasan APSSI berharap agar kompetisi bergulir kembali adalah karena timnas Indonesia akan mengikuti pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia dan Piala AFF di akhir tahun 2020.