PSSI Beri Luis Milla Dua Peringatan bila Tangani Timnas Indonesia

Football5Star.com, Indonesia – PSSI memberikan dua peringatan kepada Luis Milla andai kembali dipercaya menangani timnas Indonesia. Kedua hal ultimatum itu disampaikan Wakil Ketua Umum PSSI Cucu Somantri setelah bertemu pelatih asal Spanyol tersebut.

Peringatan pertama diberikan terkait penyusunan tim kepelatihan. PSSI meminta Luis Milla tak melakukannya secara sepihak. “Tim kepelatihannya harus melalui persetujuan PSSI, atau paling tidak kami yang menawarkan,” kata Cucu Somantri seperti dikutip Football5Star.com dari Antara. “Selama ini, kan, dia yang menentukan dengan siapa, dengan siapa.”

Pria berpangkat Mayor Jenderal TNI itu lebih lanjut mengungkapkan alasan mendasar dari permintaan tersebut. “Sehingga nantinya di sana ada transfer ilmu,” ucap dia.

Adapun peringatan kedua terkait pertanggungjawaban bila terjadi kegagalan. Luis Milla diminta untuk memikul tanggung jawab penuh, tak mencari-cari kambing hitam. Hal itu, menurut Cucu Somantri, didasarkan pada pengalaman terdahulu.

“Jangan begitu gagal, mencari kambing hitam. Seperti dahulu, kalau tidak salah, dia sempat menyalahkan Ketua Umum PSSI sebelumnya, Pak Edy Rahmayadi,” urai Cucu Somantri lagi.

Setelah tak lagi dipercaya menangani timnas senior dan timnas U-23 Indonesia pada akhir 2018, Luis Milla memang sempat mengungkapkan keluh kesahnya di media sosial. Dia antara lain menyebut adanya manajemen yang buruk, pelanggaran kontrak, dan para pemimpin yang tidak profesional sebagai pemicu kegagalan proyeknya. Dia pribadi tak merasa gagal.

Hal itu jadi catatan pada kesempatan kali ini. “Milla harus bisa mempertanggungjawabkan semuanya sendiri. Jangan nanti kalau kalah bilang liganya, kompetisinya kurang bagus. Lalu, kalau berhasil, mengklaim. Jika ada kekurangan, kan, kami akan selalu memberi dukungan,” Ujar Cucu Somantri menambahkan penjelasannya.

Pertemuan PSSI dengan Luis Milla berlangsung pada Jumat (29/11/2019) malam di Manila, Filipina. Pada kesempatan itu, pihak PSSI langsung dipimpin Ketua Umum Mochamad Iriawan alias Iwan Bule, sementara Luis Milla didampingi asistennya, Eduardo Perez.

Comments
Loading...