PSSI Bicara Opsi Liga 1 2020 Dilanjutkan Tapi Tanpa Penonton

Football5Star.com – Ketum PSSI, Mochamad Iriawan, buka suara soal opsi Liga 1 2020 dilanjutkan tapi digelar tanpa penonton. Menurutnya, hal itu sukar dilakukan apalagi akan ada penerapan PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar di berbagai daerah.

Seperti diketahui, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) menunda Liga 1 dan Liga 2 hingga 29 Mei 2020. Mereka menetapkan status force majeure pada periode Maret-Juni. Hal itu buntut kian meningkatnya kasus pasien positif COVID-19 di Indonesia.

Kompetisi akan dihentikan andai pemerintah melanjutkan status darurat bencana. Belakangan ada saran kalau kompetisi harus dilanjutkan meski konsekuensinya tanpa dihadiri oleh penonton.

“Efeknya besar bagi klub, khususnya di liga-liga yang tanpa penonton. Apalagi, sekali main itu kan juga ada 50 orang biasanya di satu tempat, apaka mungkin dengan kondisi PSBB sekarang,” ungkap Mochamad Iriawan dalam Rapat Dengar Pendapat Umum dengan Komisi X DPR RI.

PSSI Bicara Opsi Liga 1 2020 Dilanjutkan Tapi Tanpa Penonton

“Lalu apakah mungkin ada perizinan yang diberikan kepala daerah atau kepolisian setempat. Karena ada 11 pemain dari masing-masing klub, delapan cadangan, manajer, dan pelatihnya berkumpul semua dalam stadion,” lanjut dia.

Menurut Iriawan, selain soal ekonomi yang pastinya tak bagus buat klub, laga tanpa penonton juga tak menjamin soal penyebaran virus corona. Apalagi akan ada perjalanan tandang yang dijalani klub-klub.

“Belum lagi klub-klub yang akan bergerak di satu tempat ke tempat lainnya dalam satu pertandingan. Tapi ini akan kami kembalikan lagi ke klub-klub (soal Liga 1 2020 tanpa penonton),” tutup Iriawan.