PSSI: Insyaallah Liga Tetap Jalan Meski Ada Pemain Positif COVID-19

Football5star.com, Indonesia – Kompetisi Liga 1 2020 dipastikan akan kembali berlangsung. Bahkan pihak PSSI lewat Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi mengatakan bahwa kompetisi Liga 1 ataupun Liga 2 akan tetap berlangsung meski ada pemain yang positif COVID-19.

“Insyaallah semua akan tetap berjalan. Ketika ada pemain yang terpapar itu sudah diantisipasi oleh PSSI dan PT LIB,” kata Yunus dalam konfrensi pers daring di Jakarta, Jumat (13/9/2020).

“Di dalam protokol ada banyak opsi, termasuk apa yang harus dilakukan ketika ada satu atau dua pemain yang terinfeksi COVID-19,” tambahnya.

Pernyataan senada juga diungkap oleh Dirut PT LIB, Akhmad Hadian Lukita. Ia menyebut bahwa pihaknya akan mengantisipasi kemungkinan terburuk jika ada pemain yang terpapar corona.

“Kami berharap tidak ada penghentian liga. Sejak awal kami sudah bekerja sama dan berkoordinasi dengan PSSI, termasuk Satgas Penanganan COVID-19,” kata Akhmad.

“Opsi menghentikan kompetisi itu merupakan ranah Satgas Penanganan COVID-19. Baik Satgas nasional maupun daerah yang akan bersama-sama kami dan PSSI juga akan mengawal protokol ini berjalan dengan baik dan diharapkan tidak ada penghentian liga, tambahnya.

Soal langkah antispasi, PT LIB menyebut nantinya di satu lokasi pertandingan, akan diterapkan aturan protokol kesehatan seperti penggunaan masker dan mengukur suhu tubuh.

“Tempat (lokasi pertandingan) itu sudah steril dari awal. Di situ mungkin ada pengukuran suhu tubuh dan semua harus pakai masker,” ucapnya.

Sekedar informasi, per Sabtu 14 September 2020 angka pasien positif COVID-19 di Indonesia sudah mencapai angka 211 ribu orang. Di mana Provinsi DKI Jakarta tertinggi dengan pasien positif mencapai 51 ribu, disusul Jawa Barat dengan jumlah 13.940 pasien positif corona.

Liga 1 2020PSSIPT LIBPT Liga Indonesia BaruVirus Corona