PSSI Mulai Jalankan Rencana Gelar Liga 1 Putri Tahun Ini

Football5star.com, Indonesia – Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) mulai menjalankan rencana penyelenggaraan Liga 1 putri yang akan digelar tahun ini. Acara bertajuk CEO Forum Liga 1 putri berlangsung di Jakarta, Kamis (25/7/2019), bertujuan melakukan koordinasi bersama 18 klub calon peserta.

Pertemuan tersebut juga dimaksudkan untuk mengetahui komitmen 18 klub yang terlibat di Liga 1 terkait rencana mengadakan Liga 1 putri. Pertemuan tersebut dihadiri pelaksana tugas ketua umum PSSI, Iwan Budianto, anggota exco, Dirk Soplanit, Papat Yunisal, dan sekretaris jenderal Ratu Tisha Destria.

“Saudara-saudara kita di Asia Tenggara sudah melakukan kick-off liga putri, seperti Myanmar, Thailand dan Vietnam. Kemudian SEA Games dan PON 2020 yang masing-masing akan mempertandingkan sepak bola putri. Jika kita tidak segera kick-off, kita hanya akan menjadi penonton tanpa melakukan pembinaan,” kata Iwan Budianto seperti dikutip Football5star.com dari laman resmi PSSI.

Iwan juga menargetkan minimal ada enam klub yang akan menjadi peserta Liga 1 putri 2019. Namun, pada tahun-tahun berikutnya, ia berharap kompetisi tersebut sudah dapat diikuti oleh 18 peserta.

Menurut Ratu Tisha Destria, rencana perhelatan Liga 1 putri juga sesuai dengan program yang dicanangkan FIFA. Termasuk fokus ke pembinaan sepak bola putri.

“Pertemuan hari ini untuk membahas tentang penyelenggaraan liga sepakbola putri tahun ini. Semua ini dilakukan berdasarkan program yang disusun secara langsung oleh FIFA,” ujar Tisha.

“Pada kongres FIFA di Paris beberapa bulan lalu, FIFA mencanangkan berbagai macam program khusus untuk anggota-anggotanya yang telah memenuhi dua syarat, yang pertama keberadaan Tim Nasional Putri di dua nomor, senior dan usia muda, serta adanya kompetisi,” ucapnya.

Dalam pertemuan tersebut setidaknya ada 10 klub yang telah menyatakan komitmennya untuk menjadi peserta Liga 1 putri. Kesepuluh klub itu, yakni Persija Jakarta, PSM Makassar, Persib Bandung, PS Tira Persikabo, Bali United, Arema, PSIS Semarang, Persipura Jayapura, PSS Sleman, dan Persebaya.