PSSI Resmi Umumkan Komposisi KP dan KBP: Muka Lama dan Politikus

Football5star.com, Indonesia – Setelah sempat beredar di sosial media komposisi Komite Pemilihan (KP) dan Komite Banding Pemilihan (KBP), PSSI Minggu (28/7/2019) resmi mengumumkan komposisi KP dan KBP.

Menurut sekjen PSSI, Ratu Tisha nama-nama yang berada di komposisi KP dan KBP merupakan usulan dari Komite Eksekutif (Exco) yang diajukan para voters di KLB PSSI.

“Masa jabatan komite selama empat tahun untuk periode 2019-2023,” kata Tisha seperti dikutip football5star.com dari antara.

Untuk posisi ketua KP ialah Syarif Bastaman. Di kalangan sepak bola nasional, nama Syarif sempat diusung menjadi ketum PSSI pada 2015 lalu. Ia saat itu diusung tujuh klub anggota PSSI dari Divisi Dua.

Ini Alasan PSSI Mempercepat Pemilihan Ketua Umum PSSI

Di lingkungan PSSI, ia tercatat pernah menjadi ketua bidang Hukum PSSI dan mantan anggota Exco PSSI. Politis dari partai PDI P ini juga aktif di Persatuan Squash Indonesisa dan menduduki jabatan sebagai ketua harian GABSI (bridge).

Pria yang sempat menjadi anggota DPR periode 2009-2014 ini juga pernah menduduki posisi sebagai direktur di PT Agro Bukit.

Sedangkan untuk wakil dari Syarif ialah Harbiansyah Hanafiah. Untuk anggota dari KP terdiri dari Irawadi Hanafie, Budiman Dalimunthe, Maurice Tuguis, Soedarmaji, dan Rocky Bebena.

Irawadi Hanafie juga sama dengan Syarif merupakan seorang politikus. Ia berasal dari partai Golkar. Selain itu, ia juga tercatat pernah menjadi Ketua Kadin Indonesia Golf.

Di PSSI, namanya masuk dalam kepengurusan PSSI periode 2015-2019 era ketum PSSI, La Nyalla Mattalitti. Saat itu ia menjadi anggota Special Taskforce Millenium Football Development yang dipimpin oleh Rahim Soekasah.

Komite Banding Pemilihan

Sedangkan untuk Komite Banding Pemilihan (KBP) diketuai oleh Irjen (Purn) Erwin Tobing. Sosok ini ialah caleg DPR RI 2019 yang berasal dari PDI Perjuangan.

Sebelum terjun di dunia politik, ia sempat menjadi Kapolda Kalimantan Barat. Nama Erwin Tobing di sepak bola mulai terdengar pada 2015 lalu.

Namanya sempat digadang-gadang menjadi Ketua Komisi Banding PSSI. Saat itu ia bertugas untuk menyelesaikan konflik di dualisme PSSI.

Wakil dari Erwin Tobing ialah Djoko Tetuko. Namanya masuk dalam pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat periode 2018-2023. Ia adalah anggota Komisi Kompetensi Wartawan yang dipimpin oleh Kamsul Hasan dari Pos Kota.

Anggota dari KBP ada tiga orang. Satu orang tentu tidak asing bagi pencinta sepak bola nasional, ia adalah Ponaryo Astaman. Selain sebagai mantan pemain timnas, ia adalah mantan presiden APPI.

Selain Ponaryo, dua nama anggota lainnya ialah M.Nigara dan Alfis Primatra. M.Nigara ialah mantan wartawan yang juga pengamat sepak bola nasional. Sedangkan Alfis Primatra merupakan pengurus PSSI era Edy Rahmayadi.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More