PSSI Sepakat Gunakan VAR di Liga 1 2019

Football5star.com, Indonesia – Suksesnya penggunaan VAR di beberapa kompetisi top Eropa membuat PSSI mulai mempertimbangkan untuk menggunakannya di Liga 1 2019. Setelah melalui proses perencanaan yang sangat panjang pihak federasi akhirnya sepakat akan menggunakan teknologi tersebut di kompetisi Indonesia.

Kepastian ini didapat setelah Komite Eksekutif PSSI melakukan rapat akhir pekan lalu. Mereka meminta agar PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator liga mempersiapkan segala kebutuhan untuk mendukung penggunaan VAR dalam waktu dekat.

Hal tersebut diakui Sekjen PSSI, Ratu TIsha Destria. Ia juga sedang mempersiapkan wasit-wasit terbaik tanah air yang nantinya akan bertugas sebagai operator teknologi tersebut.

Ratu Tisha Destria - PSSI - Liga Indonesia - Football5star - abdillaaaah
football5star.com/fajar abdillah

“PSSI tentunya akan menyiapkan wasit terbaik yang akan bertugas di belakang layar untuk mengoperasikan VAR di Liga 1 2019,” kata Ratu Tisha seperti dikutip Football5star.com dari laman resmi federasi, Senin (27/5/2019).

Keputusan induk sepak bola Indonesia menggunakan teknologi yang baru pertama kali digunakan di ajang Piala Konfederasi 2017 lalu ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas kompetisi, terutama dalam hal kepemimpinan wasit di lapangan.

Seperti yang diketahui, kinerja wasit selama ini terus menjadi sorotan publik sepak bola Indonesia. Bahkan di Liga 1 2019 yang baru berjalan dua pekan pun sudah terjadi beberapa keputusan kontroversial dari sang pemimpin pertandingan.

Walau begitu, penggunaan VAR di Liga 1 2019 tentu masih membutuhkan waktu. Pasalnya dalam penggunaannya setiap wasit harus menjalani pelatihan khusus dari FIFA.