PSSI Tegaskan Tak Akan Panggil Bek Fiorentina ke Timnas Indonesia

Football5star.com Indonesia – Kabar ketertarikan Kevin Diks untuk membela timnas Indonesia sudah sampai ke telinga PSSI. Namun, pihak PSSI memastikan tak akan memanggil pemain asal klub Fiorentina itu guna membela timnas.

Memang, dalam beberapa kesempatan Kevin Diks sudah secara terbuka mengutarakan minatnya membela timnas Indonesia. Meski sudah membela timnas Belanda, tapi baru dilakoninya di level junior. Karenanya pemain berdarah Ambon itu berharap bisa bermain untuk timnas Indonesia di level senior.

Twitter @kevindiks_

Kebetulan, PSSI memang tengah getol mencari pemain yang masih memiliki hubungan darah dengan Indonesia, baik itu dari ayah atau ibunya. Namun, untuk menjelang Piala Dunia U-20 2021, PSSI lebih mementingkan pemain berusia di bawah 20 tahun.

Sementara, saat ini Kevin Diks sudah berumur 23 tahun. “Usia yang tidak mungkin kita masukkan ke dalam skuad timnas Indonesia di Piala Dunia 2021. Karena kita mencari pemain yang masih berumur 18 dan 19 tahun,” kata Plt Sekjen PSSI Yunus Nusi, dikutip Football5star.com dari laman PSSI.

PSSI Belajar dari Kasus Ezra Walian

Selain itu, kenyataan bahwa Kevin Diks pernah membela timnas Belanda di level junior pun menjadi kendala. Dalam pasal 5 Ayat 2 Statuta FIFA menyebutkan, pemain yang pernah membela negara pada kompetisi resmi FIFA tidak berhak bermain di asosiasi lain pada pertandingan internasional.

Dalam Statuta FIFA tentang status pemain yang berganti asosiasi disebutkan bahwa pemain hanya boleh sekali berganti kewarganegaraan. Sehingga dia diperkenankan membela negara lain dalam pertandingan internasional.

Ada pula syarat yang harus dipenuhi. Pemain tersebut tidak pernah bermain di pertandingan resmi Level A bersama asosiasi sebelumnya. Termasuk sebagai pengganti. Apabila pernah bermain untuk negara lain, dia tidak berhak bermain lagi untuk asosiasi barunya.

Medcom

“Ini yang pernah dialami Ezra Walian sehingga gagal melakoni pertandingan-pertandingan Kualifikasi Piala Asia 2020. Ezra tidak bisa memperkuat Indonesia karena dia pernah bermain di timnas Belanda di level junior pada kompetisi resmi UEFA,” imbuh Yunus Nusi.

Cukup mirip situasinya dengan Kevin Diks, Ezra Walian tercatat pernah membela timnas U-17 Belanda pada pertandingan kualifikasi Piala Eropa U-17 2014. Berdasarkan data Transfermarkt, pemain kelahiran 22 Oktober 1997 itu telah bermain dua kali.

Pada pertandingan versus San Marino, 19 Oktober 2013, Ezra tampil selama 40 menit. Dia mencetak 5 gol saat Belanda menang 12-0. Tiga hari berselang, Ezra dimainkan pada pertandingan versus Georgia. Dia bermain 54 menit, tapi tak mencetak gol.

Kevin DiksPSSITimnas IndonesiaYunus Nusi