PSV Eindhoven Pertahankan Gelar Juara Liga Belanda

PSV Eindhoven kembali keluar sebagai juara Liga Belanda untuk dua musim beruntun. Gelar juara diraih lewat pertarungan dramatis dengan Ajax Amsterdam di pekan terakhir.

Setelah Ajax melakukannya di empat musim beruntun, mulai 2010-11 hingga 2013-14, PSV jadi tim kedua yang berhasil mempertahankan gelar juara Eredivisie setelah musim lalu tampil sebagai yang terbaik.

Raihan gelar juara musim ini tidaklah diraih PSV dengan mudah karena mereka harus bersaing dengan Ajax hingga pekan ke-34, Minggu (8/5/2016) malam WIB kemarin.

PSV bahkan masih berada di posisi kedua klasemen dengan 81 poin, kalah selisih gol dari Ajax yang ada di puncak klasemen. Ajax sendiri tinggal mengalahkan De Graafschap untuk meraih gelar Eredivisie ke-34.

Sayangnya Ajax gagal karena hanya bermain imbang 1-1 dengan Graafschap. Unggul duluan lewat Amin Younes di menit ke-16 sebelum disamakan Bryan Smeets di menit ke-55.

Hasil imbang ini pun menguntungkan PSV yang di saat bersamaan justru mengalahkan PEC Zwolle dengan skor 3-1. Alhasil PSV lah yang menikung Ajax di pekan terakhir untuk jadi juara liga ke-23 sepanjang sejarah klub itu.

Melawat ke markas Zwolle, PSV unggul 2-0 di babak pertama lewat gol dari Juergen Locadia di menit ke-34 dan Luuk de Jong di menit ke-43. Zwolle sempat memperkecil skor lewat Ouasim Bouy di menit ke-66, namun De Jong kembali membawa PSV menjauh semenit kemudian.

Hasil akhir klasemen adalah PSV finis di posisi pertama dengan 84 poin, unggul dua poin atas Ajax di urutan kedua.

Seperti dikutip Opta, Ajax sudah tiga kali finis runner-up meski punya 80 poin atau lebih –dihitung sejak era tiga poin untuk sebuah kemenangan diperkenalkan, yakni musim 2002-2003, 2009-2010, dan 2015-2016.

Sementara untuk pelatih PSV, Phillip Cocu, ini adalah gelar juara liga keduanya usai pensiun sebagai pemain.