Puji Mikel Arteta, Pierre-Emerick Aubameyang Sulut Kontroversi

Football5Star.com, Indonesia – Sebuah komentar kontroversial dilontarkan Pierre-Emerick Aubameyang setelah Arsenal menang 4-0 atas Newcastle United, Minggu (16/2/2020). Dia secara implisit menilai Mikel Arteta lebih baik dari manajer The Gunners sebelumnya, Unai Emery.

Bagi Pierre-Emerick Aubameyang, kemenangan besar atas Newcastle United adalah bukti kejelasan gaya main yang diusung Mikel Arteta. “Kami merasa lebih baik bersama dia. Kami punya arah permainan yang sangat jelas,” ucap dia seperti dikutip Football5Star.com dari Tuttomercatoweb. “Kami akan coba mempertahankan ini.”

Secara implisit, penyerang asal Gabon itu seperti melontarkan serangan kepada Unai Emery. Lewat pernyataannya itu, dia seolah ingin mengatakan bahwa Arsenal bermain tanpa filosofi yang jelas saat ditangani mantan pelatih Paris Saint-Germain tersebut.

standard.co.uk

Komentar itu pun lantas dikritik Graeme Souness. Dia menilai hal tersebut menunjukkan sikap tak profesional Aubameyang yang tergolong senior. menurut dia, hal terpenting adalah sikap para pemain di lapangan, bukan taktik pelatih.

“Apa hubungan pengertian dengan manajer dengan segalanya? Saya tak suka itu. Saya tak suka pemain berbicara seperti itu. Apalagi, Aubameyang, saya pikir sudah berumur 31 tahun,” ujar Graeme Souness tegas kepada Sky Sports.

Eks manajer Newcastle United itu menambahkan, “Saya sudah muak mendengar, ‘Taktik, taktik, taktik.’ Hal pertama yang harus dilakukan dengan benar adalah mendapatkan bola. Dari situlah Anda menguasai permainan, pola permainan terbentuk, tim bermain.”

Souness pun kembali menegaskan kritiknya kepada Pierre-Emerick Aubameyang. “Mendengar orang berkata, ‘Kami sekarang tahu apa yang kami lakukan’, saya tak bisa menerima itu. Saya tak bisa menerima pemain berumur 31 tahun berkata, ‘Ya, sekarang jelas. Kami sekarang tahu yang kami lakukan.’ Saya tak bisa menerima itu. Dia sudah tahu syarat untuk sukses bahkan enam, tujuh atau delapan tahun lalu,” urai dia.

ArsenalGraeme SounessLiga InggrisPierre-Emerick AubameyangPremier League