Pujian Selangit Bek Tangguh Belanda kepada Persib, Disebut Setara Ajax

Football5star.com Indonesia – Bek tangguh asal Belanda, Nick Kuipers, melantunkan pujian setinggi langit untuk Persib Bandung. Menurutnya, Persib setara salah satu klub terbesar di Belanda, AFC Ajax.

Pujian Kuipers dilatari banyaknya talenta muda Indonesia yang bermimpi untuk bisa berseragam Persib Bandung. Serupa dengan apa yang terjadi di Belanda. Ajax menjadi salah satu destinasi tertinggi bagi para pemain muda yang ingin merintis karier sepak bola.

Persib.co.id

Selain itu, jumlah pendukung Persib Bandung yang melimpah serta menyebar hampir di seantero negeri pun mirip dengan Ajax. “Ini Ajax Indonesia. Mereka memiliki pendukung di seluruh negeri. Itu sangat fantastis,” ujar Nick Kuipers, dikutip Football5star.com dari media asal Belanda, 1Limburg.

Saat ini, Nick Kuipers memang tengah berada di Belanda selama Liga 1 2020 belum mendapatkan kejelasan. Dia mengikuti latihan bersama klub lamanya, MVV Maastricht, untuk tetap menjaga kondisi tetap prima.

Dalam kesempatan itu, bek tangguh berusia 28 tahun tersebut pun sering bercerita tentang sepak bola Indonesia. Dia tak ragu memuji budaya sepak bola di tanah air dengan jumlah peminat yang sangat besar.

“Indonesia negara dengan budaya sepak bola yang luar biasa. Orang-orangnya memang hidup untuk olahraga ini. Tapi juga merupakan negara yang sibuk, perbedaan populasi lebih besar dibanding di sini (Belanda),” kata Kuipers lagi.

Persib.co.id

Meski sebenarnya masih berkesempatan berkarier di Liga Belanda, Nick Kuipers tak menyesali keputusannya berkarir di Indonesia. Sejumlah pengalaman baik dan buruk yang didapat di Indonesia tidak mereduksi kesetiaannya kepada Persib Bandung.

“Walau tidak ada lapangan sintetis atau tak menggunakan VAR, bukan masalah. Aku sudah mengalami beberapa kejadian, hal kotor, lemparan batu menembus jendela bus, stadion penuh, dan terbang menggunakan pesawat untuk laga tandang,” sebut Nick Kuipers memungkasi.

Liga 1 2020Nick KuipersPersib Bandung