Pulih dari Cedera, Vlaar Diincar Everton

Mantan bek Aston Villa asal Belanda, Ron Vlaar dikabarkan sudah selesai menjalani pemulihan cedera lutut. Bila sudah dalam kondisi 100 persen fit, Vlaar dikabarkan bakal direkrut klub Premier League, Everton pada bursa transfer Januari 2016.

Vlaar berstatus pemain tanpa klub usai dilepas Villa pada akhir musim lalu. Ia dilepas karena mulai kurang kontribusi akibat didera cedera parah. Selama masa penyembuhan cedera, ia ikut berlatih dengan klub lamanya, AZ Alkmaar di Belanda. Mendengar kabar kondisi Vlaar sudah membaik, manajer Everton, Roberto Martinez langsung bergegas menyiapkan dokumen transfer.

Everton hanya punya tiga bek tengah pada saat ini. Jumlah ini berkurang satu setelah bek senior Phil Jagielka dipastikan absen karena cedera hingga akhir 2015.

Vlaar pun dikabarkan sudah menerima banyak tawaran dari klub-klub Italia, Jerman, Belanda, dan Turki. Namun pemain berusia 30 tahun ini kukuh ingin bermain di Premier League.

Vlaar bermain 78 kali bersama Villa selama tiga musim. Pada dua musim awal, ia mampu tampil konsisten sehingga terus dipercaya menjadi bek utama Villa. Performa bagus kala itu pula yang membawa Vlaar masuk skuat timnas Belanda untuk tampil di Piala Dunia 2014.

Pada dua musim awal, ia mencetak rata-rata 2 tackles, 2,2 interceptions, 7,2 clearances, dan 0,7 blocks per partai. Sedangkan saat bersama Belanda di Piala Dunia 2014, Vlaar tampil tujuh kali dengan menorehkan 2,4 tackles, 3 interceptions, 9 clearances, dan 0,7 blocks per partai.

Aston VillaEnglish Premier leagueEverton