Punya Direktur Teknik Asal Jepang, Vietnam Makin Jauhi Indonesia?

Football5Star.com, Indonesia – Dua tahun belakangan ini, sepak bola Vietnam menunjukkan perkembangan pesat. Bersama pelatih Park Hang-seo, timnas Vietnam menjuarai Piala AFF 2018 dan SEA Games 2019. Tak dapat disangkal, negeri itu mulai meninggalkan Indonesia.

Vietnam kemungkinan makin jauh meninggalkan Indonesia pada tahun-tahun ke depan. Apalagi setelah Asosiasi Sepak Bola Vietnam (VFF) menunjuk Yusuke Adachi sebagai direktur teknik yang baru. Pria asal Jepang itu terang-terangan mematok target tinggi. Bila target itu tercapai, Vietnam akan makin jauh meninggalkan Indonesia.

thethao247.vn

“Target melewati Jepang adalah impian saya. Saya pernah bekerja di Asosiasi Sepak Bola Jepang dan mereka membangun rencana pengembangan untuk 30 tahun. Jadi, memang tak akan mudah untuk jangka pendek. Saya bukan tukang sihir,” urai Yusuke Adachi seperti dikutip Football5Star.com dari The Thao 24/7.

Adachi punya keyakinan besar untuk mencapai target muluknya itu. “Melihat potensi sepak bola Vietnam, saya yakin target itu tidaklah mustahil,” kata dia seraya membeberkan kelemahan dan kekuatan para pemain Vietnam.

Adachi Siap Majukan Sepak Bola Vietnam

Hal lain yang membuat Adachi yakin dapat meningkatkan sepak bola negara yang kini jadi kekuatan besar di Asia Ternggara itu adalah keberadaan Park Hang-seo dan pelatih timnas U-19, Philippe Troussier. Dia menilai kedua pelatih hebat itu adalah aset berharga bagi The Golden Dragon.

zingnews.vn

“Tuan Park telah bekerja dengan baik dengan VFF. Saat ini, dia jauh lebih memahami sepak bola di sini ketimbang saya. Sementara itu, pelatih timnas U-19, Troussier, pernah menjadi pelatih timnas Jepang. Saya mengenal dua pelatih hebat itu dan senang dapat bekerja dengan mereka,” ujar Yusuke Adachi lagi.

Lebih lanjut, pria berumur berumur 58 tahun itu mengungkapkan, “Itu keuntungan besar bagi saya. Bersama mereka, saya akan dapat menemukan formula untuk masa depan sepak bola di negeri ini.”

Sebagai Direktur Teknik VFF, Adachi akan bertanggung jawab pada program-program pengembangan pemain dan pelatih. Sekjen VFF, Le Hoai Anh berharap pria yang lama bekerja untuk Asosiasi Sepak Bola Hong Kong itu dapat memberikan sentuhan modern pada sepak bola Vietnam.

Park Hang-seoPhilippe Troussiertimnas vietnamVFFYusuke Adachi