Punya Gaya Maskulin, Pemain Timnas Putri Thailand Di-bully

Football5Star.com – Indonesia – Tindakan kurang terpuji dilakukan oknum fans Vietnam. Mereka mengejek pemain Timnas Putri Thailand, Kanjana Sungngoen yang dianggap memiliki gaya yang sangat maskulin.

Dalam laga final SEA Games 2019 cabang sepak bola wanita, Vietnam sukses mengalahkan Thailand untuk meraih medali emas. Tapi, usai laga banyak komentar negatif yang diarahkan kepada pemain Thailand dan cenderung diskriminatif.

Kanjana Sungngoen menjadi salah satu korbannya. Pemain yang bermain dalam Piala Dunia Wanita 2019 lalu itu disebut sebagai pemain lelaki oleh fans Vietnam seperti dikutip dari kenh14.vn.

Beberapa netizen Vietnam bahkan menyebut pemain 33 tahun itu sebagai transgender di berbagai jejaring sosial. Dia diremehkan soal gender hanya karena tak memiliki bentuk tubuh yang menggambarkan anggunnya perempuan.

“Sosok yang sangat maskulin dan tinggi dari pemain Thailand ketimbang kebanyakan pemain wanita Vietnam,” tulis salah seorang netizen Vietnam. “Apa yang anda pikirkan soal pemain ini?” bilang netizen lainnya dikutip Kenh14.vn.

Jelas ini adalah perilaku yang tak sportif dan harus dihilangkan dalam sepak bola. Mencibir, meremehkan, dan menghina wanita secara umum tak bisa diterima, terutama dalam ranah olahraga.

Media Vietnam sendiri jua tak membenarkan perilaku para oknum fansnya. Mereka berharap tak ada lagi diskriminasi gender terhadap siapapun di sepak bola.

Comments
Loading...