Putaran Final UEFA Nations League Tanpa 3 Tim Terbaik 2018-19

Football5Star.com, Indonesia – Gelaran fase grup UEFA Nations League A 2020-21 hampir berakhir. Saat ini, tim-tim yang tergabung di 4 grup sudah melewati lima matchday. Hasilnya lumayan mengejutkan karena tiga tim yang masuk 4-besar pada 2018-19 dipastikan gagal lolos ke putaran final UEFA Nations League kali ini.

Dari tiga tim itu, salah satunya adalah sang juara bertahan, timnas Portugal. Kekalahan 0-1 dari timnas Prancis pada matchday V gara-gara gol N’Golo Kante membuat Cristiano Ronaldo cs. dipastikan gagal mampertahankan gelar.

Portugal yang saat ini mengumpulkan 10 poin memang masih dapat menyamai perolehan nilai Prancis. Namun, andai itu terjadi, mereka tetap tak mengudeta Les Bleus. Pasalnya, mereka kalah head to head. Dalam dua pertemuan, mereka hanya imbang 0-0 dan kalah 0-1.

Timnas Inggris gagal mengulang langkah di UEFA Nations League A setelah kalah 0-2 dari Belgia.
Getty Images

Tim lain yang juga dipastikan gagal mengulang prestasi musim 2018-19 adalah timnas Inggris. Kekalahan 0-2 dari timnas Belgia, Senin (16/11/2020) dini hari WIB memastikan The Three Lions harus gigit jari dan harus mengubur mimpi untuk meraih trofi

Dalam lima pertandingan, The Three Lions hanya mengumpulkan 7 poin. Dengan hanya satu laga tersisa, mereka tak akan mampu menggoyahkan posisi Belgia yang sudah mengoleksi 12 poin.

Adapun tim ketiga yang gagal lolos lagi ke putaran final UEFA Nations League adalah timnas Swiss. Hasil imbang 1-1 dengan timnas Spanyol membuat Yann Sommer cs. saat ini terpuruk di dasar klasemen Grup 4. Mereka terpaut 6 poin dari timnas Jerman yang memuncaki klasemen.

Prancis Lolos ke Putaran Final UEFA Nations League

Hingga matchday V kelar, baru Prancis yang memastikan lolos ke putaran final UEFA Nations League 2020-21. Tim asuhan Didier Deschamps memastikan hal itu lewat kemenangan 1-0 atas Portugal.

Belgia sebetulnya hampir menyusul Prancis setelah kemenangan 2-0 atas Inggris. Namun, Romelu Lukaku cs. harus bersabar karena Denmark menang 2-1 atas Islandia. Saat ini, dengan koleksi 12 poin, Rode Duivels hanya unggul 2 poin atas Tim Dinamit.

Spanyol dan Jerman akan berjibaku menentukan wakil Grup 4 ke 4-Besar UEFA Nations League.
eurosport.com

Menariknya, kedua tim itu akan bersua pada matchday pamungkas, tengah pekan nanti di Leuven. Rode Duivels hanya butuh hasil imbang dari laga tersebut. Adapun Tim Dinamit harus memetik kemenangan. Pertemuan terakhir di kandang Belgia pada 6 September 1995 berakhir kemenangan 3-1 untuk Denmark.

Laga penentuan pada matchday VI juga akan terjadi di Grup 4 saat Spanyol menghadapi Jerman. Saat ini, Die Mannschaft hanya unggul 1 poin dari La Furia Roja. Mereka hanya butuh hasil imbang untuk lolos ke putaran final UEFA Nations League.

Akan tetapi, itu tak akan mudah. La Furia Roja sangat kuat di kandang sendiri. Sergio Ramos cs. tercatat selalu memenangi 8 laga kandang beruntun. Kekalahan terakhir dialami saat menjamu Inggris pada 15 Oktober 2018 dengan skor 2-3.

Persaingan Segitiga di Grup 1

Belanda butuh keajaiban untuk lolos ke 4-besar UEFA Nations League kali ini.
Getty Images

Persaingan lebih sengit terjadi di Grup 1. Laga matchday VI akan sangat menentukan. Itu karena Italia yang memimpin klasemen hanya mengoleksi 9 poin. Posisi tim asuhan Roberto Mancini masih rawan karena hanya unggul 1 angka atas Belanda dan 2 angka atas Polandia.

Meskipun demikian, peluang Italia untuk lolos ke putaran final UEFA Nations League sangat terbuka. Pasalnya, mereka hanya akan menghadapi Bosnia & Herzegovina, sang juru kunci yang baru mengoleksi 2 poin. Pada lawatan terakhir ke markas sang lawan, Gli Azzurri menang 3-0 berkat gol-gol Francesco Acerbi, Lorenzo Insigne, dan Andrea Belotti.

Sementara itu, Polandia akan berjibaku dengan Belanda, satu-satunya tim 4-besar musim 2028-19 yang masih bisa lolos ke putaran final UEFA Nations League kali ini. Kedua tim datang dengan modal berbeda. Polandia baru kalah 0-2 dari Italia, sedangkan Oranje menang 3-1 atas Bosnia & Herzegovina. Pada pertemuan pertama, Belanda menang 1-0 melalui gol tunggal Steven Bergwijn.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More