Putusan VAR pada Laga Barcelona vs Real Sociedad Jadi Perdebatan

Football5Star.com, Indonesia – Barcelona dibantu VAR untuk meraih kemenangan atas Real Sociedad, Minggu (8/3/2020) dini hari WIB. Hal itu diakui pelatih El Barca, Quique Setien. Namun, pengakuan itu tak lantas meredam polemik terkait putusan VAR tersebut.

Beberapa pihak menilai VAR bukan hanya membantu, melainkan memihak Barcelona. Dasarnya, mereka menyodorkan bukti Arturo Vidal yang terjebak offside dalam proses yang lantas berbuah penalti bagi Barcelona tersebut.

Pada menit ke-78, saat dilakukan tendangan bebas, posisi Arturo Vidal terlihat berada lebih depan dari para pemain lain yang berderet di depan garis kotak penalti. Namun, hal itu tak terdeteksi oleh wasit.

Dari sanalah bola yang dibuang pemain Real Sociedad lantas dikirimkan ke kotak penalti dan mengenai lengan Robin Le Normand. Melalui pengamatan VAR, Barcelona akhirnya mendapatkan penalti yang dieksekusi dengan baik oleh Lionel Messi.

Handball yang dilakukan Robin Le Normand jelas terlihat lewat pengamatan VAR. Namun, masalahnya, mengapa petugas VAR tak memantau lebih ke belakang? Inilah yang dipertanyakan beberapa pihak. Mereka yang sinis kemudian menggaungkan tagar #VARcelona, sindiran bagi Barcelona.

Jorge Crespo Ramos melalui akun Twitter-nya, @jcrespo9, dengan sinis mengatakan, petugas VAR mungkin menilai insiden offside Arturo Vidal tidaklah penting. Alhasil, dia tak memberikan informasi kepada wasit yang memimpin laga Barcelona vs Real Sociedad.

Bantahan pun muncul. Salah satunya dari A.Z.D lewat akunnya, @txakoli_. Dia mengatakan, bola tidak mengarah kepada Arturo Vidal pada saat itu dan tak lantas menyentuh bola. Andai itu terjadi, tentu offside. Namun, gelandang Barcelona itu mendapatkan bola setelah dibuang oleh pemain Real Sociedad.

Arturo VidalBarcelonaLaLigaLiga SpanyolLionel MessiReal SociedadVAR