Quique Setien: Barcelona Kalahkan Real Sociedad Berkat VAR

Football5Star.com, Indonesia – Jujur dan apa adanya. Itulah hal yang ditunjukkan pelatih Barcelona, Quique Setien, setelah laga lawan Real Sociedad. Dia mengakui El Barca menang berkat VAR. Tanpa bantuan VAR, kemenangan mungkin tak diraih Lionel Messi cs.

Pengakuan itu dilontarkan terkait gol kemenangan Barcelona atas Real Sociedad yang dijaringkan Lionel Messi dari titik penalti pada menit ke-81. El Barca memperoleh penalti setelah VAR menunjukkan Robin Le Normand melakukan handball di kotak penalti saat berusaha menghalau umpan silang.

“Kami telah meraih kemenangan berkat VAR,” kata Quique setien seperti dikutip Football5Star.com dari Marca. “Dari bangku cadangan, saya tak melihat (handball) itu. Kejadiannya terlalu jauh (dari pengamatan saya).”

Bukan hanya Setien yang tak melihat insiden itu. Wasit Juan Martinez pun demikian. Buktinya, dia tak serta-merta meniup peluit dan menunjuk titik putih. Dia baru memberikan penalti setelah menerima informasi dari VAR dan mengeceknya lewat layar monitor di pinggir lapangan.

Quique Setien sangat mensyukuri bantuan VAR yang membuat Barcelona menang tersebut. Secara implisit, dia mengungkapkan, Lionel Messi cs. sangat mungkin tak meraup tiga poin andai tak ada bantuan VAR.

“Kami sudah tahu pertandingan ini akan sangat sulit. Mereka meraih enam kemenangan beruntun. Salah satunya di Bernabeu. Mereka juga lolos ke final Copa del Rey dan mampu menguasai permainan dengan baik,” urai Quique Setien lagi.

Berkat tambahan satu gol yang membuat tim asuhan Quique Setien menang atas Real Sociedad, Lionel Messi kian kokoh di puncak daftar pemain tersubur LaLiga musim ini. Mengoleksi 19 gol, La Pulga kini unggul 6 gol atas pesaing terdekatnya, Karim Benzema.