Rafael van der Vaart Pensiun dari Sepak Bola

Football5star.com, Indonesia – Publik sepak bola Belanda dipaksa melepas salah satu talenta terbaiknya dalam kurun hampir 2 dekade terakhir. Adalah Rafael van der Vaart, yang putuskan pensiun dari dunia sepak bola profesional. Setelah karier panjang selama 18 tahun lamanya, di usia menginjak 35 tahun, ia menyatakan gantung sepatu.

Hal ini dijelaskan sang pemain salah satunya karena faktor cedera dan fisiknya yang kian menua.

“Saya harus berhenti sekarang. Saya tidak di sini (klubnya di Denmark, Esbjerg) untuk rehabilitasi belaka, tapi untuk bermain sepak bola. Kenikmatannya sungguh berbeda dan itu yang saya inginkan ketika datang ke sini. Saya ingin jadi pesepak bola yang bermain sampai sangat tua sekali, tapi kini itu tak memungkinkan. Di saat ini, saya hanya bisa bersyukur untuk semua tahun yang saya lalui dengan bermain bola. Untul semua rekan pemain, staf, suporter, dari ArenA, Volsparskstadion, White Hart Lane, hingga Bernabeu, semua adalah waktu yang berkesan,” ujar van der Vaart dikutip dari De Telegraaf.

Di awal musim ini, sang gelandang bergabung bersama peserta Liga Denmark, Esbjerg, namun hanya catatkan 3 penampilan. cedera yang diterimanya di latihan buat ia harus menepi lama. Proses rehabilitasi yang cukup lama ini yang pengaruhi keputusannya untuk mengatakan sudah pada sepak bola.

Van der Vaart

Van der Vaart debut di Ajax pada usia 17 tahun dan buat lebih dari 100 caps untuk mereka sebelum hijrah ke Jerman bersama Hamburg SV pada 2005. Setelahnya, ia sempat mencicipi nikmatnya panggung mewah bersama Real Madrid, sebelum ke Tottenham Hotspur, lalu kembali di Hamburg pada 2012 lalu.

Sejak tahun 2015, fisiknya yang rentan cedera membuatnya kesulitan main reguler. Tercatat, ia bergantian membela 3 klub berbeda yakni Real Betis, FC Midtjylland, dan Esbjerg. Kini, ia akhirnya gantung sepatu.

Comments
Loading...