Rafli Nursalim, dari Liga Santri Hingga Kenakan Garuda di Dada

Football5Star.com, Indonesia – Muhammad Rafli Mursalim, bomber Timnas U-19 Indonesia ini mencuat namanya usai mencetak enam gol di ajang Piala AFF U-18 2017 di Myanmar. Namun, tidak ada yang menyangka bila kariernya bermula dari Liga Santri, hingga pada akhirnya bisa mengenakan baju garuda di dada.

Sebelum mengikuti seleksi Timnas U-19 dibawah asuhan pelatih Indra Sjafri, Rafli merupakan topskor Liga Santri 2016, turnamen yang digelar Kemenpora Republik Indonesia. Ia mencetak total 15 gol dan delapan gol di antaranya dihasilkannya di putaran nasional Liga Santri 2016.

“Saya sempat lima bulan mondok di Ponpes Al Asy’Ariyah, Tangerang, waktu itu sebelum Liga Santri 2016 dimulai. Teman yang mengajak saya, mengatakan bila di situ punya semacam perkumpulan anak muda yang aktif di olahraga, khususnya sepak bola,” kata Rafli.

Mengemas enam gol sepanjang turnamen di luar ekpektasi pemain berdarah Makassar. Bagi pemain yang berhasrat membela Persija jakarta dan PSM ini, kontribusi rekan-rekan setimnya turut membantu capaian manis tersebut.

Rafli juga menceritakan bahwa ayahnya sempat memperkuat PSM Makassar junior. Namun, impian sang ayah akhirnya pupus untuk menjadi pesepak bola.

“Bapak gagal karena waktu itu rumah di Makassar terbakar. Dia lalu ke Jakarta dengan bawa uang Rp 15.000. Lalu bapak bertanya kepada saya apakah ingin menjadi pemain sepak bola. Saya jawab iya mau,” ungkap pemain kelahiran 5 Maret 1999 ini

Comments
Loading...