Rahasia Tanda Titik di Bawah Huruf I dan O Nama Iheanacho

Football5Star.com, Indonesia – Ada hal menarik di kostum Leicester City yang dipakai Kelechi Iheanacho pada musim ini. Di bawah huruf I dan O nama Iheanacho yang tertera di punggung terdapat tanda titik. Adakah ini hanya sebuah keisengan agar tampil beda atau memang sengaja dilakukan dengan maksud tertentu?

Jawabannya, itu ternyata sebuah kesengajaan. Tulisan Iheanacho dengan titik di bawah huruf I dan O itu memang penulisan yang benar nama sang striker dalam bahasa Igbo.

Kelechi Iheanacho mendapat instruksi dari Claude Puel.
leicestermercury.co.uk

Dalam bahasa Igbo, keberadaan titik di bawah huruf I dan O itu menunjukkan perbedaan pelafalan. Huruf dengan tanda titik di bawah itu harus dilafalkan dengan rahang lebih terbuka dan lidah ditarik ke bawah.

Iheanacho memang orang Igbo, sebuah suku dengan jumlah besar di bagian Selatan Nigeria. Populasi Suku Igbo di kampung halaman striker berumur 21 tahun itu, Imo, malah mencapai 98 persen.

Putusan striker timnas Nigeria itu menggunakan nama dengan tulisan sesuai bahasa ibu tersebut tentu saja punya dua makna. Pertama, itu dimaksudkan agar orang-orang melafalkan namanya dengan benar. Kedua, hal itu juga merupakan tindakan pelestarian bahasa ibunya. Bahkan, dengan langkah itu, bahasa Igbo potensial dilirik publik dunia.

Striker Leicerster itu pun baru musim ini memakai kostum dengan tulisan namanya dalam bahasa Igbo. Sebelumnya, saat membela Manchester City, namanya di kostum tetap tertulis dengan huruf latin.

Selain Iheanacho, ada beberapa pesepak bola tenar yang juga bersuku Igbo. Tiga di antaranya adalah Jay-Jay Okocha, Nwankwo Kanu, dan John Obi Mikel.