Raheem Sterling Bingung Tak Banyak Pelatih Kulit Hitam di Inggris

Football5Star.com, Indonesia – Pemain Manchester City, Raheem Sterling, mempertanyakan kenapa jarang sekali ada pelatih kulit hitam di Premier League. Padahal banyak mantan pemain kulit hitam yang bagus saat menjadi pelatih.

Sterling memberi contoh beberapa pemain seperti Steven Gerrard dan Frank Lampard yang saat ini mampu melatih klub besar.

“Saya selalu merujuk kembali ke sepakbola, staf pelatih yang Anda lihat di klub. Saya beri contoh, ada Steven Gerrard, Frank Lampard, Sol Campbell dan Ashley Cole,” ucap Sterling seperti dilansir Football5Star.com dari BBC Newsnight.

Southend United

Pemain timnas Inggris itu melanjutkan, “semuanya punya karier yang hebat, semuanya bermain untuk timnas Inggris. Pada saat yang sama, mereka mendapatkan lisensi pelatih di level tertinggi dan dua orang yang tak diberi kesempatan adalah dua mantan pemain kulit hitam (Campbell, Cole).”

Saat ini hanya ada 6 pelatih kulit hitam dari 91 tim di keempat divisi liga Inggris. Lebih parahnya lagi, tak ada satupun wasit berkulit hitam.

“Ada sekitar 500 pemain di Liga Premier dan sepertiga dari mereka berkulit hitam dan kami tidak memiliki perwakilan kami dalam hierarki, tidak ada perwakilan kami dalam staf pelatih,” kata Raheem Sterling.

Bicara soal pelatih kulit hitam, musim ini tak ada satupun pelatih kulit hitam di Premier League. Pelatih kulit hitam terakhir di Premier League adalah pelatih keturunan Ghana-Irlandia, Chris Hughton, yang dipecat dari Brighton Mei 2019. Hughton merupakan pelatih kulit hitam pertama yang memenangkan penghargaan Premier League Manager of the Month pada Maret 2018.

Manchester CityRaheem SterlingSol Campbell