Rahmad Darmawan Sebut Kehadiran Evan Dimas Sangat Vital

Football5star.com, Indonesia – Absennya Evan Dimas pada laga melawan Vietnam disebut berimbas signifikan terhadap lini tengah Indonesia. Pasalnya, gelandang Bhayangkara FC tersebut memiliki peran sentral sejak pertandingan pertama ketika menghadapi Thailand. Hal tersebut diakui oleh mantan pelatih timnas Indonesia, Rahmad Darmawan. RD, sapaan akrabnya menyebut staf pelatih harus memutar otak untuk meramu strategi tanpa kehadiran Evan.

“Absennya Evan menyulitkan pengaturan ritme permainan. Lini tengah menjadi tidak seimbang. Beda ceritanya kalo kualitas lini tengah merata, mungkin PR-nya hanya ada di lini belakang,” ungkap pelatih yang kini berkarir di Malaysia bersama T-Team FC tersebut.

Evan, menurut RD, memiliki keistimewaan yang menonjol jika dibandingkan dengan gelandan-gelandan Indonesia lain. Terutama dalam hal ketenangan dan kejeliannya mengamati permainan.

“Evan punya kelebihan mengatur tempo. Sangat penting untuk menentukan kapan harus menyerang dan kapan harus menguasai bola. Selain itu, ia juga mempunyai killing pass yang sangat baik. Itu sangat berguna untuk lini depan kita,” ungkap Rahmad.

Bermain tanpa kehadiran Evan terbukti merubah gaya bermain Indonesia. Saat menahan imbang Vietnam 0-0 di Stadion Selayang, Malaysia, tim Garuda Muda terlihat kewalahan meladeni permainan cepat yang diperagakan tim lawan.

 

Beberapa kali penguasaan bola yang seharusnya dimulai dari poros tengah, tidak bisa dikuasai dengan baik. Bahkan, Hanif Sjahbandi yang diplot mengisi posisi Evan, harus diusir wasit pada babak pertengahan kedua. Perjuangan Indonesia masih akan berlanjut hingga partai pamungkas melawan Kamboja. Pada pertandingan penentuan terebut, tim Merah Putih harus meraih kemenangan, dan Evan sudah kembali diizinkan bermain.

Comments
Loading...