Rahmad Darmawan Soroti Kualitas Wasit Liga 1

Football5star.com, Indonesia – Pelatih Tira Persikabo, Rahmad Darmawan, ternyata merasa kurang puas dengan kualitas wasit pemimpin pertandingan Liga 1 musim ini. Menurutnya, ada terlalu banyak wasit yang tak memiliki pengalaman mumpuni musim ini.

Dalam beberapa pekan terakhir, wasit memang menjadi sorotan tajam karena seringkali membuat keputusan yang cukup kontroversial. Salah satunya adalah keputusan wasit Oki Dwi Putra yang tak memberikan kartu merah kepada bek Semen Padang setelah melakukan pelanggaran keras ke Novri Setiawan beberapa waktu lalu.

Tak hanya itu, Tira Persikabo juga sempat dirugikan oleh keputusan wasit pada partai Liga 1 melawan Persebaya Surabaya, Sabtu (9/11) lalu. Dalam laga tersebut, wasit menganulir dua gol dari Tira Persikabo.

Wasit - Rahmad Darmawan - Tira Persikabo - Liga 1
Ilhamsins

“Mungkin beberapa wasit yang memimpin baru ya. Jadi, kurang jam terbang. Saya rasa, kita mungkin harus bersabar. Yang penting, jujur saya menginginkan mereka membuat error bukan hanya sesuatu yang disengaja,” ujar Rahmad Darmawan.

“Yang harus diperbaiki itu kualitas dan teknik. Hal itu wasit yang tahu. Seperti berdiri jarak berapa meter, kemudian kondisi fisiknya, wawasan, dan perlu banyak melihat pertandingan internasional,” katanya menambahkan.

Salah satu solusi yang ditawarkan oleh Rahmad Darmawan adalah, penggunaan wasit asing. Menurutnya, kehadiran wasit asing diperlukan sebagai pemicu kepada para pengadil asal Indonesia untuk semakin meningkatkan kualitasnya.

“Mungkin perlu ya. Untuk menjadi pemacu saja. Tapi, jangan banyak-banyak. Mungkin empat atau lima orang sudah cukup yang nanti setiap tugasnya diundi,” tandas Rahmad Darmawan.

Comments
Loading...