Ramai-Ramai Kecam Selebrasi Kemenangan Amerika atas Thailand

Football5star.com, Indonesia – Timnas putri Amerika Serikat menang mutlak 13-0 melawan timnas putri Thailand di ajang Piala Dunia Wanita di Prancis beberapa hari lalu. Tapi kemenangan terbesar sepanjang sejarah Piala Dunia wanita ini dibumbui oleh kecaman dari banyak pihak.

Kecaman yang dimaksud adalah selebrasi Alex Morgan dkk ketika membobol gawang Thailand. Para pemain Amerika Serikat tetap melakukan selebrasi secara emosional ketika mereka sudah unggul jauh.

Cara itu pula yang dianggap banyak orang sudah kelewatan. Tidak sedikit dari mereka menganggap para pemain tidak menghargai lawan yang sudah ketinggalan jauh. Bahkan ada pula yang beranggapan 11 pemain Negeri Paman Sam itu telah mencederai sportivitas.

washingtonpost.com

Yang paling keras mengritik cara pemain berselebrasi adalah mantan pemain timnas putri Kanada, Claire Rustad. “Ini memalukan bagi Amerika Serikat. Saya mengharapkan mereka merayakan gol dengan tenang. Tapi merayakan secara emosional pada gol kedelapan, sembilan, 10, dan seterusnya benar-benar tidak perlu,” katanya seperti dilansir New York Times, Kamis (13/6/2019).

Begitu pula dengan pundit ESPN, Taylor Twellman. Ia mengatakan selebrasi para pemain di lapangan sangat berlebihan dan tidak menghormati lawan.

“Tidak masalah dengan papan skor karena ini adalah turnamen, tapi merayakan gol kesembilan meninggalkan rasa masam di mulut saya. Saya penasaran ingin tahu apakah ada yang meminta maaf setelah pertandingan ini,” tulisnya di Twitter.

Tidak hanya Julie Foudy dan Taylor Twellman. Kiper legendaris putri Amerika, Hope Solo, juga tidak habis pikir dengan selebrasi gol mantan rekan-rekannya tersebut.

“Mencetak 13 gol melawan Thailanda sangat bagus. Tapi ada beberapa perayaan gol yang tidak pantas dilakukan,” katanya kepada Guardian, Rabu (12/6/2019).

Amerika SerikatPiala Dunia WanitaThailand