Rangking FIFA: Indonesia Sejajar dengan Kamboja

Football5star.com, Indonesia – Posisi Indonesia di rangking FIFA terbaru belum mengalami perubahan. Indonesia saat ini masih berada di posisi ke-173 dengan raihan 964 poin. Posisi Indonesia sejajar dengan negara Asia Tenggara lainnya, Kamboja.

Rilis per September ini membuat Indonesia sudah enam kali sepanjang 2020 tak beranjak posisinya di FIFA. Bahkan FIFA mencatat, Indonesia meninggalkan tahun 2019 dengan berada di peringkat ke-173.

Sementar itu, dikutip Football5star.com dari halaman resmi FIFA, Sabtu, (19/9/2020) Vietnam jadi negara dari kawasan Asia Tenggara yang paling tinggi peringkatnya. Anak asuh Park Hang-seo tersebut berada di posisi ke-94 rangking FIFA dengan perolehan 1.258 poin.

Sedangkan untuk Thailand saat ini mengalami penurunan peringkat. Tim Gajah Putih itu yang sebelumnya berada di posisi ke-113, per September ada di posisi ke-114. Myanmar menjadi satu-satunya negara ASEAN yang berhasil memperbaiki peringkat ke posisi 135. Adapun sisanya tak mengalami perubahan posisi.

Situasi ini terjadi karena tidak ada agenda yang dilakukan hampir sepanjang 2020. Hal ini tentu saja diakibatkan pandemi COVID-19 yang membuat banyak pertandingan sepak bola harus ditunda.

Sementara itu, di peringkat 10 besar, tidak ada perubahan yang berarti. Belgia belum beranjak dari puncak klasemen dengan 1.773 poin diikuti Prancis, Brazil, dan Inggris.

Portugal berhasil naik dua tangga ke peringkat lima. Hal ini tak terlepas dari dua kemenangan mereka di UEFA Nations League, masing-masing menang 4-1 atas Kroasia dan mengalahkan Swedia 2-0.

Peringkat FIFA negara Asia Tenggara:

  1. Vietnam
  2. Thailand (turun 1 peringkat)
  3. Filipina
  4. Myanmar (naik 1 peringkat)
  5. Malaysia
  6. Singapura
  7. Indonesia
  8. Kamboja
  9. Laos
  10. Brunei Darussalam
  11. Timor Leste
BelgiaFIFAPSSITimnas Indonesiatimnas vietnam