Rapor Kiper Liga Inggris: Alisson Terbaik, Neil Etheridge Terburuk

Football5star.com, Indonesia – Kompetisi Liga Inggris musim 2018-2019 menghasilkan beberapa catatan menarik. Salah satunya adalah catatan kiper-kiper yang berkompetisi dikasta tertinggi sepak bola Inggris ini. Nama Alisson Becker pun mencuat sebagai yang terbaik musim ini

Pada musim pertamanya berkiprah di Liga Inggris, Alisson langsung tampil impresif dengan catatan 21 cleansheet. Torehan ini jadi yang terbanyak dari kiper lain dan membuatnya menerima penghargaan Golden Glove musim ini.

independent.co.uk

Tidak cukup sampai di situ, keberhasilan kiper timnas Brasil ini sekaligus menjadikannya sebagai kiper ketiga dalam sejarah Premier League yang mampu meraih Golden Glove di musim debutnya. Sebelumnya capaian tersebut diraih mantan kiper Chelsea, Petr Cech, dan mantan penjaga gawang Liverpool lainnya, Pepe Reina.

Keberhasilan kiper yang didatangkan dari AS Roma ini sekaligus mengungguli rekan senegaranya yang sudah lebih dulu berlaga di Inggris, Ederson Moraes. Kiper Manchester City itu harus rela duduk di peringkat kedua dengan catatan 20 cleansheet.

Walau berhasil merengkuh gelar kiper terbaik bukan berarti Alisson menyandang status sebagai kiper yang melakukan penyelamatan terbanyak. Untuk kategori ini ia masih kalah jauh dari palang pintu West Ham United, Lukasz Fabianski.

lukasz fabianski (@Squawka)
@Squawka

Dari 38 penampilan bersama West Ham musim ini Fabianski sukses melakukan 148 penyelamatan. Catatan ini sekaligus jadi yang pertama kali diraih kiper buangan Arsenal tersebut. Untuk kategori ini nama Alisson Becker bahkan tidak masuk dalam lima besar. Ia masih kalah cekatan dari kiper Cardiff City, Neil Etheridge, kiper Watford, Ben Foster, penjaga gawang Manchester United, David de Gea, serta kiper Fulham, Sergio Rico.

Tapi menariknya, jumlah penyelamatan para kiper di atas tidak serta merta membuat gawang mereka kemasukan sedikit gol. Neil Etheridge yang melakukan 141 penyelamatan justru berada di peringkat paling atas sebagai kiper yang paling sering kebobolan musim ini.

neil etheridge (@Neil38Etheridge)
@Neil38Etheridge

Seperti yang dikutip Football5star.com dari situs resmi Premier League, penjaga gawang berkebangsaan Filipina tersebut kemasukan 69 gol. Jumlah ini bahkan lebih banyak 10 gol dari Ben Foster yang menghuni peringkat kedua.

Jika dilihat dari capaian klub yang dibela tidak mengherankan memang jika Etheridge jadi kiper yang paling sering dibobol musim ini. Bagaimana tidak, Cardiff City hanya berada di peringkat ke-18 dan kembali terdegradasi ke Divisi Championship musim depan.

Comments
Loading...