Ratusan Jakmania-Bobotoh Hadiri Aksi Damai 1.000 Lilin

Football5star.com, Indonesia – Ratusan orang dari dua kelompok suporter, yakni The Jakmania dan Bobotoh, menghadiri aksi damai 1000 lilin yang diadakan di area kompleks Stadion Patriot Chandrabaga, Bekasi, pada Jumat (28/7/2017) tadi malam. Kehadiran mereka terkait dengan isu perdamaian yang berhembus antara dua kubu suporter tersebut akhir-akhir ini.

Dalam aksinya, para suporter tersebut bernyanyi bersama mulai dari lagu wajib nasional, hingga chants umum yang biasa dipakai di stadion saat hari pertandingan. Inti dari aksi chants tersebut adalah menyuarakan pesan damai serta menyerukan untuk menghentikan rivalitas yang seringkali berujung kekerasan. Momen tersebut diabadikan oleh akun @guebobotoh di Instagram.

Seperti diketahui, pertikaian antara Bobotoh dan Jakmania selalu memakan korban jiwa. Kamis dua hari lalu, Ricko Andrean meninggal dunia di stadion usai menjadi korban kesalahpahaman suporter tuan rumah saat pertandingan Persib melawan Persija di Stadion Gelora Bandung Lautan Api.

Ricko dikeroyok oleh suporter tuan ruman yang mengira dirinya adalah Jakmania. Setelah mengalami koma, Ricko pun menghembuskan nafas terakhirnya di rumah sakit.

Sebelum Ricko, The Jakmania juga kehilangan salah satu rekannya yakni Harus Alrasyid Lestaluhu, akhir tahun lalu. Rasyid meninggal akibat luka bacok di kepala usai insiden yang terjadi di jalan tol.

Rombongan bis Jakmania yang baru pulang dari laga tandang di Malang, dilempari oknum tak bertanggung jawab. Rasyid kemudian turun untuk menghampiri oknum tersebut dan perkelahian pun tidak terhindarkan hingga menghilangkan nyawanya.

 

 

Comments
Loading...