RB Leipzig vs Atletico Madrid: Tradisi Los Colchoneros Sikat Wakil Jerman

Football5Star.com, Indonesia – Bisa apa RB Leipzig? Begitulah salah satu pertanyaan yang menyeruak jelang laga RB Leipzig vs Atletico Madrid pada perempat final Liga Champions, Jumat (15/8/2020) dini hari WIB. Bukan apa-apa, mereka harus melawan tim yang bisa dikatakan sebagai spesialis penakluk wakil Jerman.

Sepanjang sejarah, Atletico Madrid punya rekor apik saat melawan wakil Jerman pada fase gugur Liga Champions. Kecuali saat melawan Bayern Munich pada final 1973-74, mereka selalu mampu menggebuk lawan yang berasal dari negeri bir tersebut saat bersua pada fase gugur.

Jejak Los Colchoneros sudah tergurat jauh, tepatnya sejak musim 1958-59. Kala itu, tim yang diasuh Ferdinand Daucik ditakdirkan bersua FC Schalke 04 pada perempat final. Hasilnya, mereka menang 3-0 di kandang sendiri dan imbang 1-1 di kandang lawan.

Satu-satunya kekalahan Atletico Madrid dari klub Jerman pada fase gugur Liga Champions adalah di final 1974-75 melawan Bayern Munich
thesefootballtimes.co

Pertemuan kedua adalah dengan Bayern Munich pada final musim 1973-74. Tim yang antara lain diperkuat Luis Aragones, Miguel Reina, dan Javier Irureta hampir saja menang 1-0 andai tak ada gol tendangan jarak jauh Hans-Georg Schwarzenbeck pada menit akhir perpanjang waktu. Laga ulang tak terelakkan dan tim asuhan Juan Carlos Lorenzo digasak 0-4. Uli Hoeness dan Gerd Mueller sama-sama membuat brace.

Setelah itu, pertemuan Atletico Madrid dengan klub Jerman pada fase gugur Liga Champions jadi hal langka. Salah satu sebabnya, Los Colchoneros yang jarang berlaga pada kompetisi antarklub terakbar di Eropa tersebut.

Atletico Selalu Digdaya bersama Simeone

Akan tetapi, begitu bersua tim negeri bir, Los Colchoneros selalu digdaya. Semuanya bersama pelatih Diego Simeone. Mereka seperti jadi nemesis bagi Bayern Munich dkk. Bayer Leverkusen dua kali merasakan dihajar klub sekota Real Madrid tersebut. Dua-duanya pada babak 16-besar.

Pil pahit pertama ditelan Leverkusen pada musim 2014-15. Menang 1-0 pada leg I berkat gol tunggal Hakan Calhanoglu, mereka takluk 0-1 ada leg II. Laga pun berlanjut ke adu penalti. Pada babak ini, Atletico Madrid yang tertawa, lolos ke perempat final dengan kemenangan 3-2.

Atletico Madrid dua kali mengempaskan Bayer Leverkusen pada babak 16-besar Liga Champions.
skysports.com

Dua musim berselang, de javu terjadi. Leverkusen lagi-lagi disingkirkan Atletico Madrid pada babak 16-besar. Berbekal kemenangan 4-2 di Leverkusen, Los Colchoneros hanya menuai hasil imbang 0-0 pada leg II di kandang sendiri.

Di antara dua kekalahan Leverkusen itu, terselip kegagalan Bayern Munich. Bersua pada semufinal Liga Champions 2015-16, Die Roten dibuat gigit jari. Atletico Madrid melenggang ke final dengan keunggulan gol tandang. Mereka menang 1-0 di kandang sendiri dan kalah 1-2 di kandang lawan.

Tradisi apik inilah yang jadi modal khusus Atletico Madrid saat menghadapi RB Leipzig. Satu sosok yang patut diperhatikan adalah Saul Niguez. Dalam dua kesempatan terakhir menyingkirkan wakil Jerman pada fase gugur Liga Champions, dia selalu berkontribusi dengan selalu mencetak gol.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More