RB Leipzig vs PSG: Rekor Apik Les Parisiens Lawan Wakil Jerman

  • PSG akan menghadapi wakil Jerman, RB Leipzig, pada semifinal Liga Champions
  • Les Parisiens punya rekor apik saat melawan wakil Jerman pada fase gugur ajang antarklub Eropa
  • Neymar cs. menyingkirkan Borussia Dortmund pada babak 16-besar Liga Champions musim ini
  • Ini kali kedua RB Leipzig hadapi wakil Prancis pada fase gugur ajang antarklub Eropa.

Football5Star.com, Indonesia – Pentas Liga Champions 2019-20 telah memasuki babak semifinal. Rabu (19/8/2020) dini hari WIB, RB Leipzig akan menghadapi Paris Saint-Germain (PSG) di Stadion Da Luz. Pertarungan ini akan sangat menarik karena mempertemukan dua tim yang sama-sama ditengani pelatih asal Jerman.

Menilik catatan masa lalu, PSG dapat lebih optimistis lolos ke final Liga Champions musim ini. Salah satu sebabnya, mereka punya catatan apik saat menghadapi wakil Jerman dalam berbagai ajang antarklub Eropa. Total, mereka menangguk 10 kemenangan dari 17 pertandingan.

Secara khusus, Les Parisiens tak pernah gagal lolos dari adangan klub Jerman pada fase gugur. Dalam tiga kesempatan terdahulu, klub asal ibu kota Prancis itu selalu lolos ke babak selanjutnya. Terbaru, tentu saja saat tim asuhan Thomas Tuchel menyingkirkan Borussia Dortmund, Maret silam.

eurosport.com

Pada babak 16-besar Liga Champions musim ini, PSG memang sempat kalah 1-2 saat melakoni laga leg I di kandang Borussia Dortmund. Namun, mereka mampu membalikkan keadaan berkat kemenangan 2-0 pada leg II di Stadion Parc des Princes meskipun tanpa penonton karena pandemi Virus Corona.

Sebelumnya, pada musim 2013-14, PSG juga menyingkirkan wakil Jerman pada babak 16-besar Liga Champions. Kali ini, Bayer Leverkusen yang jadi korban Les Parisiens. Dalam dua pertemuan, mereka menangguk kemenangan 4-0 dan 2-1.

Adapun satu kesempatan lain Les Parisiens menghadapi wakil Jerman pada fase gugur terjadi pada pentas Liga Europa 2008-09. Pada babak 32-besar, mereka harus berhadapan dengan VfL Wolfsburg. Hasilnya, Guillaume Hoarau cs. menang 2-0 di Paris dan 3-1 di Wolfsburg.

Dua Modal Lain PSG

bundesliga.com

Di samping rekor itu, PSG juga punya modal lain. Itu adalah keberhasilan mencetak gol dalam 6 pertandingan terakhir melawan klub Jerman. Total, mereka membukukan 13 gol dan hanya kebobolan 6 gol.

Kali terakhir PSG gagal menjebol gawang klub Jerman pada pentas Liga Champions 2010-11. Menjamu Borussia Dortmund pada fase grup, 4 November 2010, Les Parisiens hanya meraih hasil imbang tanpa gol. Itu merupakan kali pertama dan satu-satunya laga Les Parisiens yang berakhir 0-0 saat melawan klub Jerman.

Modal lain PSG pada laga semifinal Liga Champions nanti adalah rekor buruk sang lawan. Sebelum ini, RB Leipzig pernah menelan pil pahit dari wakil Prancis pada perempat final Liga Europa 2017-18. Melawan Olympique Marseille, Die Roten Bullen gagal melangkah ke semifinal karena kalah agregat 3-5.

Liga ChampionsParis Saint-GermainRB Leipzig