RB Salzburg vs Liverpool: Juara Bertahan Akhirnya ke 16 Besar

Football5star.com, Indonesia – Liverpool akhirnya melaju ke 16 besar Liga Champions. Menghadapi RB Salzburg di laga terakhir Grup E, Rabu (11/12/2019) dinihari WIB mereka menang 2-0.

Hanya membutuhkan hasil imbang untuk memastikan diri lolos membuat Liverpool mengawali laga dengan kurang baik. Dalam lima menit pertama pertahanan mereka terus dibombardir RB Salzburg.

Peluang pun langsung didapat melalui Hwang Hee-Chan. Striker asal Korea Selatan itu dengan cerdik mengelabui Jordan Henderson di mulut gawang. Namun, tendangannya masih mampu dihalau Alisson.

@LFCphoto

The Reds perlahan memperbaiki performa. Memeragakan umpan-umpan panjang, mereka beberapa kali mengancam gawang tuan rumah. Kesempatan pertama datang dari kaki Mohamed Salah yang bisa dimentahkan kiper Salburg, Cican Stankovic.

Setelah itu giliran upaya Sadio Mane yang nyaris membuahkan gol. Namun, sang kiper dengan sigap menepis bola ke luar. Situasi yang mulai berubah ini membuat Salzburg mengandalkan serangan balik.

Striker mereka yang sedang naik daun, Erling Haaland, mendapat peluang emas pertamanya di pertengahan laga. Tapi ia gagal menaklukkan Alisson kendati sudah memenangi duel dengan Dejan Lovren. Kegagalan demi kegagalan yang didapat pada babak pertama membuat skor kacamata tetap bertahan.

Situasi berubah drastis pada babak kedua. Anak asuh Juergen Klopp yang tampil lebih taktis akhirnya mampu unggul lebih dulu. Akselerasi Sadio Mane dari sisi kanan pertahanan lawan berhasil disempurnakan Naby Keita melalui sundulan.

@LFCphoto

Gol ini sekaligus jadi titik balik pertandingan. Bagaimana tidak, Liverpool mampu menggandakan keunggulan satu menit kemudian.

Adalah Mohamed Salah yang mencatatkan namanya di papan skor. Sukses melewati Cican Stankovic, sang bomber berhasil menceploskan bola lewat sudut sempit.

Kedudukan 2-0 untuk tim tamu membuat sang tuan rumah tidak bisa berbuat banyak. Kendati tetap mempertahankan tempo tinggi, mereka gagal meraih peluang emas seperti halnya babak pertama.

Sampai pertandingan berakhir Liverpool sukses mempertahankan kemenangan 2-0. Hasil ini sekaligus memastikan sang juara bertahan melaju ke 16 besar sebagai juara Grup E dengan torehan 13 angka. Sedangkan RB Salzburg tertahan di urutan ketiga dan terlempar ke Liga Europa.

Susunan Pemain:

RB Salzburg (4-1-3-2): 1-Cican Stankovic; 17-Andreas Ulmer, 39-Maximilian Woeber, 6-Jerome Onguene, 43-Rasmus Kristensen; 16-Zltako Junuzovic (Patson Daka 68’); 14-Dominik Szoboszlai, 18-Takumi Minamino 45-Enock Mwepu; 9-Hwang Hee-Chan, 30-Erling Braut Haaland (Masaya Okugawa 75’)

Pelatih: Jesse Marsch

Liverpool (4-3-3): 1-Alisson Becker; 26-Andy Robertson, 4-Virgil van Dijk, 6-Dejan Lovren (Joe Gomez 53’), 66-Trent Alexander Arnold; 8-Naby Keita, 14-Jordan Henderson, 5-Giorginio Wijnaldum; 10-Sadio Mane, 9-Roberto Firmino (James Milner 75’), 11-Mohamed Salah

Pelatih: Juergen Klopp

Comments
Loading...