Real Madrid Diuntungkan VAR Lagi, Barcelona Makin Tertekan

Football5Star.com, Indonesia – Kontroversi selalu mengiringi langkah Real Madrid. Tak terkecuali di Stadion Anoeta, Senin (22/6/2020) dini hari WIB. Kemenangan 2-1 atas Real Sociedad diwarnai beberapa catatan terkait kepemimpinan wasit dan VAR.

Setidaknya ada tiga insiden yang jadi sorotan. Pertama, penalti yang didapatkan Vinicius Junior dan lantas jadi pembuka kemenangan Real Madrid. Banyak pihak menilai Marcos Llorente tak mengganjal keras terhadap winger asal Brasil tersebut. Namun, VAR memastikan Llorente melanggar Vinicius.

Insiden kedua, gol Adnan Januzaj pada menit ke-69 yang dianulir. Gol pemain asal Belgia yang seharusnya menyamakan kedudukan jadi 1-1 itu dinyatakan tak sah karena Mikel Merino berdiri pada posisi offside. VAR menunjukkan Merino memang berdiri pada jalur luncuran bola sehingga dianggap berpengaruh terhadap permainan.

Adapun insiden ketiga terkait gol kedua Madrid yang dicetak Karim Benzema. Penyerang asal Prancis itu mencetak gol dengan terlebih dahulu mengontrol bola dengan bagian atas tangannya. Beberapa pihak menyatakan itu sebagai handball. Namun, VAR tetap mengesahkan gol tersebut.

Tekanan bagi Barcelona

Tiga insiden di Stadion Anoeta itu membuat gaduh dunia maya. Warganet ramai-ramai membahas hal itu sebagai keberpihakan wasit terhadap Real Madrid. Apalagi, bukan kali ini saja Los Blancos mendapatkan putusan menyenangkan dari VAR.

Pada pertandingan LaLiga sebelumnya, Madrid juga diuntungkan VAR saat melawan Valencia. Seperti gol Januzaj, gol Rodrigo Moreno pada saat itu dianulir karena ada pemain Valencia, Maxi Gomez, yang dinilai telah berada dalam posisi offside.

Rangkaian insiden tersebut jadi membawa Real Madrid ke puncak klasemen LaLiga. Berkat kemenangan 2-1 atas Real Sociedad, tim asuhan Zinedine Zidane mengudeta sang rival utama, Barcelona. Meskipun sama-sama memiliki 65 poin dan kalah 2 gol dalam selisih gol, Los Blancos berada di puncak klasemen karena menang head to head atas El Barca.

Tambahan tiga insiden dalam laga Real Sociedad vs Real Madrid pun dipastikan jadi tekanan tersendiri bagi para pemain Barcelona. Beberapa di antara mereka jelas-jelas berpikir Madrid diuntungkan wasit. Tengok saja reaksi Arturo Vidal saat melihat gol Rodrigo Moreno dianulir. Juga ungkapan pesimistis Gerard Pique setelah El Barca ditahan Sevilla.

LaLigaLiga SpanyolReal MadridVAR