Real Madrid: Ketenangan Jadi Kunci Sukses Zidane

Football5star.com, Indonesia – Bek Real Madrid Raphael Varane menilai ketenangan adalah kunci kesuksesan Pelatih Zinedine Zidane di Santiago Bernabeu. Ia juga menilai Zidane sangat berbeda dengan sosok mantan pelatih Madrid, Jose Mourinho.

Varane didatangkan Mourinho ke Madrid pada 2011. Bersama The Special One, Varane sempat memenangkan trofi La Liga.

Sementara Zidane mulai melatih Madrid sejak pertengahan musim lalu. Pria asal Prancis itu kemudian mengantarkan Los Blancos juara Liga Champions dua kali beruntun, sekali trofi La Liga, Piala Super Eropa dan Piala Dunia Antarklub.

“Keberhasilan Zidane berasal dari menularkan ketenangan dan tak pernah mengubah itu, tidak peduli apa yang terjadi. Ketenangan itu memberi kepercayaan diri dan rasa aman. Dia berbicara sedikit, tapi saat dia melakukannya, itu penting,” kata Varane kepada France Football.

“Aku suka bagaimana dia bertindak sangat hati-hati pada saat-saat penting, dan ini sangat berbeda dengan Mourinho. Ada keharmonisan yang nyata. Terkadang di ruang ganti, sepertinya kami berhadapan dengan rekan satu tim. Zidane benar-benar merasa nyaman dengan kami, tapi dia menjaga jarak saat itu perlu.”

“Meskipun dia begitu dekat, saya belum pernah melihat orang di ruang ganti menghina dia,” ujar Varane menambahkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More