Real Madrid vs Man City: De Bruyne Jadi Bintang, Ramos Pesakitan

Football5star.com, Indonesia – Real Madrid tak berkutik saat menjamu Manchester City di leg pertama 16 besar Liga Champions, Kamis (27/2/2020) dinihari WIB. Bermain di Santiago Bernabeu mereka takluk 1-2.

Pertarungan sengit langsung terjadi sesaat setelah wasit meniup peluit tanda dimulainya pertandingan. Selaku tuan rumah Real Madrid mencoba melakukan penguasaan bola.

Namun, justru Manchester City yang tampil lebih taktis mampu meraih peluang emas lebih dulu. Adalah Gabriel Jesus yang hampir membuat publik Santiago Bernabeu terdiam. Tapi tendangannya dari dalam kotak penalti berhasil dimentahkan Thibaut Courtois.

isco-real madrid vs manchester city-@WhoScored
@WhoScored

Tidak mau kalah dengan tim tamu, Madrid mencoba peruntungannya di pertengahan babak pertama. Peluang pun didapat lewat sundulan Karim Benzema. Tapi kali ini Ederson yang melakukan penyelamatan.

Petaka datang untuk tim tamu. Bek andalan mereka, Aymeric Laporte harus ditandu keluar karena masalah cedera. Posisinya kemudian digantikan oleh Fernandinho.

Permainan terbuka yang diterapkan kedua tim ternyata tidak membuahkan gol sepanjang 45 menit pertama. Tanpa gol di babak pertama membuat mereka menaikkan tempo laga di paruh kedua.

Gabriel Jesus kembali jadi ancaman serius untuk Los Blancos pada laga ini. Namun, lagi-lagi upayanya harus mentah di tangan Courtois yang tampil luar biasa.

Tidak lama berselang, justru tuan rumah yang dinaungi dewi fortuna. Memanfaatkan blunder yang dibikin Kyle Walker, akselerasi Vinicius Junior berhasil dituntaskan Isco menjadi gol.

Bagi Isco, gol ini sekaligus mengakhiri paceklik golnya di Liga Champions. Bagaimana tidak, terakhir kali dia cetak gol di kompetisi Eropa adalah 2018 lalu.

Kedudukan 1-0 membuat pertandingan menjadi lebih hidup. Terlebih bagi City yang mengincar gol tandang. Upaya tersebut akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-78.

Kali ini Gabriel Jesus tidak ingin menyia-nyiakan peluangnya. Memanfaatkan umpan matang Kevin De Bruyne, ia sukses menjinakkan Courtois melalui sundulan kepala.

gabriel jesus-real madrid vs manchester city
@ChampionsLeague

Gol tersebut membuat The Cityzens mendapat angin segar. Hanya dalam kurun waktu lima menit mereka mendapat hadiah penalti setelah Dani Carvajal melakukan pelanggaran di kotak terlarang.

Eksekusi yang diambil Kevin De Bruyne sukses membalikkan keadaan untuk tim tamu menjadi 2-1. Situasi kian menguntungkan City di sisa pertandingan.

Pasalnya El Real harus bermain dengan 10 orang. Kapten tim, Sergio Ramos mendapat kartu merah setelah melakukan pelanggaran keras terhadap pemain City.

Unggul jumlah pemain membuat tim tamu makin leluasa membombardir pertahanan tuan rumah. Walau begitu, mereka gagal mencetak gol tambahan.

Menang 2-1 di Santiago Bernabeu menjadi keuntungan tersendiri untuk manchester City. Pasalnya di leg kedua yang akan berlangsung di Stadion Etihad mereka hanya membutuhkan hasil imbang untuk menembus perempat final.

Susunan Pemain:

Real Madrid (4-3-3): 13-Thibaut Courtois; 23-Ferland Mendy, 4-Sergio Ramos, 5-Raphael Varane, 2-Dani Carvajal; 10-Luka Modric (Lucas Vazquez 84′), 14-Casemiro, 15-Federico Valverde; 25-Vinicius Junior (Gareth Bale 75′), 9-Karim Benzema, 22-Isco
Pelatih: Zinedine Zidane

Manchester City (4-2-3-1): 31-Ederson; 2-Kyle Wlaker, 30-Nicolas Otamendi, 14-Aymeric Laporte (Fernandinho 33′), 22-Benjamin Mendy; 16-Rodri, 8-Ilkay Guendogan; 26-Riyad Mahrez, 17-Kevin De Bruyne, 20-Bernardo Silva (Raheem Sterling 73′); 9-Gabriel Jesus
Pelatih: Pep Guardiola